Notification

×

Pemprov Kalbar Dorong SMTI Pontianak Dongkrak IPM Dan Kurangi Angka Pengangguran

Senin, 16 Januari 2023 | 15.58 WIB Last Updated 2023-01-16T23:58:17Z

Drs. H. Alfian Salam mengikuti Jalan Santai Reuni Akbar SMK-SMTI Pontianak


PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Alfian Salam, M.M., mengikuti Jalan Santai Dalam rangka Reuni Akbar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Pontianak yang ke 55 Tahun 2023 dengan tema " Merangkai kisah menjalin Silaturahmi".


Kegiatan Reuni Akbar SMK-SMTI Pontianak dipusatkan di halaman SMK-SMTI Pontianak Jalan Sulawesi Dalam No.31 Pontianak Provinsi Kalimantan Barat pada hari Minggu (15 Januari 2023). 


Kegiatan Reuni Akbar SMK-SMTI Pontianak dirangkai dengan beberapa acara diantaranya, Jalan Santai dengan rute mengitari kawasan Jalan Sulawesi, Opening Ceremony dengan diisi oleh Tarian Pelajar Ekstrakurikuler SMK - SMTI Pontianak dan Penyampaian beberapa sambutan, Pemotongan Tumpeng dan Pelepasan Balon serta Pembagian Doorprize dan Class Cooking dari resep kreasi Chef Fooding dari PT. Forisa.

 

Usai Jalan Santai Asisten Administrasi dan Umum Sekda Provinsi Kalimantan Barat didampingi Kepala Sekolah SMK -SMTI Pontianak meninjau kawasan sekolah dan ruang praktek serta berbagai peralatan praktek dari siswa dan siswi SMK-SMTI Pontianak sebelum dilaksanakannya acara ceremonial Reuni Akbar SMK-SMTI Pontianak.

 

Pada kesempatan tersebut Ketua Ikatan Alumni (Ikal) Sekolah Menengah Kejuruan  SMTI Pontianak, Mus Mulyadi menghimbau kepada seluruh Alumni SMK-SMTI Pontianak untuk tetap menjaga nama baik Almamater.

 

 "Mari kita bersama-sama membangun SMK-SMTI Pontianak sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita dalam memaknai dan dengan semangat dalam bekerja untuk memberikan yang terbaik bagi daerah kita Kalimantan Barat, Bangsa dan Negara khususnya dibidang Perindustrian, sesuai dengan motto kita "SMTI bersatu untuk bangsa", tuturnya.

 

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SMK-SMTI Pontianak, Marwandi, M.Pd mengatakan bahwa SMK-SMTI Pontianak siap untuk bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dalam rangka mengembangkan kerjasama kedepannya terkait dengan penyediaan Sumber Daya Manusia Industri dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terkait pengimplementasian Kurikulum Merdeka (IKM).

 

Sementara itu Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Alfian Salam, M.M.,  menyampaikan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat atas pelaksanaan Reuni Akbar SMK-SMTI Pontianak yang ke 55 Tahun.

 

Drs. H. Alfian Salam berharap momentum ini menjadi motivasi untuk mengevaluasi kelembagaan pendidikan ini agar terus mengembangkan potensi yang dimiliki sekolah dan memperbanyak mitra kerja pendidikan agar SMTI  semakin maju dan menjadi pilihan masyarakat dalam memilih lembaga pendidikan bagi generasi muda yang berwawasan di bidang Industri.

 

"Untuk para Alumni agar tetap memberikan kontribusi positif dan dapat membantu Pemerintah dengan membuka dan memberikan peluang kerja kepada para lulusan SMK-SMTI Pontianak yang belum bekerja, sehingga dapat  mengurangi tingkat pengangguran di Kalimantan Barat", ujarnya.

 

Selain itu Drs. H. Alfian Salam, M.M., juga mengharapkan para Alumni SMK SMTI Pontianak dalam profesi apapun dapat berperan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat agar bisa berkontribusi baik itu di bidang pendidikan maupun di bidang kesehatan, dan ekonomi. Diharapkan indikator ini dapat mendongkrak peningkatan IPM di Kalimantan Barat karena akan menjadi tolak ukur tersendiri terhadap kemajuan sebuah daerah.

 

"Selain itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten/Kota akan terus mengembangkan program penanggulangan Stunting, mudah-mudahan program ini dapat kita pahami, sehingga dalam lingkungan keluarga dan lingkungan yang lebih luas kita terus mendorong pemahaman untuk bisa proaktif dalam rangka penurunan kasus Stunting di Kalimantan Barat agar tercapai target yang telah ditentukan di daerah ini", ajaknya.

 

Drs. H. Alfian Salam menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terus mengembangkan Sekolah-sekolah baik itu Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Kejuruan dalam cakupan Pemerintah Provinsi, untuk menampung kesempatan belajar bagi siswa/i dalam rangka mendongkrak peningkatan IPM.

 

"Untuk itu perlunya peningkatan adanya Sekolah dan Universitas serta Politeknik di daerah kita agar dapat meningkatkan IPM di Kalimantan Barat karena untuk bidang kesehatan dan ekonomi Kalimantan Barat sudah relatif lebih baik", tutupnya.

 

Kegiatan Reuni Akbar SMK-SMTI Pontianak tersebut turut dihadiri oleh Perwakilan Lurah Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan, Para Mantan Kepala Sekolah dan Alumni SMK - SMTI Pontianak dari tahun 1968 sampai dengan 2022, Ketua Ikatan Alumni SMK- SMTI Pontianak, Mus Mulyadi, Kepala Sekolah SMK-SMTI Pontianak, Marwandi, M.Pd beserta jajaran Para Guru dan tenaga Pendidik dan Panitia Reuni Akbar SMK - SMTI Pontianak. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update