Notification

×

Begini Harapan Dan Pesan Bupati Jarot Kepada Pengurus DAD Sintang: Jaga 3 Hutan Adat Kita

Minggu, 08 Januari 2023 | 19.28 WIB Last Updated 2023-01-09T03:28:44Z
Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH 

PONTIANAKNEWS.COM (SINTANG) - Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH saat menghadiri pelantikan Jeffray Edward sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang Periode 2022-20227 menyampaikan satu pesan penting di Rumah Betang Jerora Satu Kabupaten Sintang pada Kamis (5 Januari 2023).

 

Selain itu Bupati Sintang Jarot Winarno juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pelantikan pengurus Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang periode 2022-2027.

 

“Jumlah pengurusnya besar dan lengkap dalam mewakili kecamatan, jalur sungai dan sub suku yang ada. Semua ada. Saya yakin pengurus ini akan mampu membuat Dayak bangkit, Dayak Maju dan Dayak Jaya dibawah kepemimpinan Jeffray Edward,” ucap Bupati Sintang.

 

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH juga menyampaikan satu pesan penting kepada pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang untuk bisa menjaga tiga Hutan Adat yang berada di Kabupaten Sintang.

 

“Saya titip pesan kepada pengurus DAD Kabupaten Sintang, ada tiga hutan adat yang perlu dijaga yakni Hutan Adat Ansok, Riam Batu dan Silit. Tiga hutan adat ini harus dijaga. DAD harus membantu menjaga. Bagi saya, budaya yang asli adalah budaya yang berasal dari alam,” terang Bupati Sintang.

 

Jarot Winarno menyebut ada program BPN yang bisa dimanfaatkan untuk mensertifikatkan tanah hutan adat ini. Wilayah ini jangan ditanami sawit. DAD bisa menjadi motor penggerak dalam menjaga persatuan dan kesatuan di Sintang.

 

“Terkait tahun politik, saya netral saja. Tetapi kalau ada tokoh Dayak mau maju, silakan saja,” terang Bupati Sintang.

 

Menjawab hal tersebut Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang Periode 2022-2027, Jeffray Edward menyampaikan rasa syukurnya karena kembali dipercaya oleh DAD Kecamatan untuk memimpin DAD Kabupaten Sintang  untuk kedua kalinya.


“Tanggungjawab sebagai Ketua DAD Kabupaten Sintang adalah kepada leluhur dan kita semua suku Dayak di Kabupaten Sintang. Saya memerlukan dukungan dari sesama pengurus, Pemkab Sintang serta semua pihak supaya bisa menjalankan tugas dengan baik. Saya ini tidak ada apa-apanya kalau tanpa dukungan banyak pihak,” terang  Jeffray Edward.


Dalam sambutannya Ketua DAD Kabupaten Sintang ini juga berharap Dayak bisa kompak, bangkit, maju dan jaya dalam menatap masa depan.

 

“Saya tidak menyusun pengurus sendirian, tetapi ada tim formatur dan mendapatkan masukan dari semua pihak. Kepada seluruh pengurus yang baru dilantik, agar bekerjasama dan sama sama bekerja,” pungkas Jeffray Edward. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update