Notification

×

Uti Rusdian Hidayat: STIKes Yarsi Pontianak Menjadi Pilot Project Kampus Sehat Di Kalbar

Senin, 05 Desember 2022 | 05.09 WIB Last Updated 2022-12-05T13:09:11Z
Ketua STIKes Yarsi Pontianak, Ns Uti Rusdian Hidayat, M.Kep 

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Dan Dinas Kesehatan saat ini mulai menyasar perguruan tinggi untuk dapat dijadikan sebagai wadah atau kawasan yang mampu merubah perilaku untuk hidup sehat melalui program kampus sehat.

 

Kementerian Kesehatan membuat terobosan untuk optimalisasi pencegahan dan pengendalian penyakit pada kelompok usia produktif di lingkungan perguruan tinggi melalui Program Kampus Sehat tersebut.

 

Program kampus sehat merupakan upaya yang sistematis dan menyeluruh dalam mewujudkan Perguruan Tinggi (PT) sebagai suatu lembaga yang mengintegrasikan kesehatan dalam budaya perguruan tinggi yang tercermin melalui kegiatan operasional sehari-hari, administrasi pengelolaan dan mandat akademis.

 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak menjadi salah satu Kampus yang dilaunching menjadi Pionir dan Pilot Project Kampus Sehat Di Kalimantan Barat.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes pada saat hadiri launching Kampus sehat di halaman STIKes Yarsi Pontianak Jalan Panglima Aim No 1 Pontianak pada hari Senin (5 Desember 2022).


drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes Program Kampus Sehat bukan hanya menyasar Civitas Akademik kampus dan Mahsiswa saja akan tetapi juga kepada masyarakat pengunjung yang datang di kampus-kampus perguruan tinggi di Kalimantan Barat.


“Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak ini adalah salah satu perguruan tinggi di Kalbar yang kita launching dan menjadi pioner Kampus Sehat di Kalimantan Barat,” ucapnya.



Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat ini juga menyampaikan selain lingkungan yang sehat juga secara fisik mahsiswa serta semua aspek kampus harus sehat, dari berkegiatan yang sehat prilaku sehat serta nutrisi juga harus sehat.


“Apakah adik-adik Mahsiswa-mahasiswa disini sudah sarapan dengan menu sehat, apakah sudah berprilaku sehat, semua itu menjadi indikasi kampus sehat apalagi disi adalah perguruan tinggi dengan disiplin  ilmu kesehatan,” ucap drg. Hary Agung Tjahyadi.

 

Senada dengan  hal tersebut Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak, Ns Uti Rusdian Hidayat, M.Kep disela-sela kegiatan mengatakan bersyukur atas terpilihnya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak menjadi slah satu Perguruan tinggi dari dua perti yang ditunjuk Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat sebagai Kampus Sehat.


“Kami bersyukur Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak terpilih sebagai salah satu pelaksana program Kampus Sehat, dan tadi Launching Kampus Sehat di STIKes Yarsi Pontianak diawali dengan Senam Sehat bersama Mahasiswa dan Civitas Akademi Yarsi Pontianak,” jelas Uti.


Ns Uti Rusdian Hidayat sejak diawali sosialisasi Program Kampus Sehat kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak berkomitmen menerapkan pola Kehidupan Kampus yang sehat, mulai dari aktifitas keseharian di kampus hingga system nutrisi di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak.


“Kita menerapkan beraktifitas sehat dengan melakukan kegiatan awal berolahraga, mengganti konsumsi makanan ke makanan sehat buah dan sayur, menciptakan kampus tanpa rokok dan seterusnya dan ini akan konsisten kita lakukan,” tambah Ns Uti Rusdian Hidayat.


Sementara itu Ketua Pengurus Yarsi Pontianak, Drs Suhadi. SW, M.Si mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak serta mendukung apa yang di programkan kedepannya, Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi yang telah memberikan kepercayaan kepada STIKes Yarsi Pontianak sebagai Pioner dan Pilot Project Kampus Sehat.


“Kami atas nama Yayasan tentu berterimakasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat yang telah meberikan kepercayaan kepada STIKes Yarsi Pontianak sebagai Pioner dan Pilot Project Kampus Sehat di Kalbar, harapan saya STIKes Yarsi Pontianak bisa berkomitmen menjaga dan melaksanakan Program baik ini,” jelas Suhadi.


Suhadi mengatakan dengan kepercayaan yang diberikan Dinkes Kalbar kepada STIKes Yarsi Pontianak ini akan berimbas semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada STIKes Yarsi Pontianak dan harapan kedepannya tentu akan semakin banyak masyarakat yang mempercayakan pendidikan anbak-anaknya di STIKes Yarsi Pontianak.


“Harapan kami tentunya dengan  kepercayaan pelaksanaan program Kampus Sehat dari Dinkes Provinsi Kepada STIKes Yarsi Pontianak akan berefek positif dengan  kepercayaan masyarakat sehingga kedepannya semakin banyak yang kuliah disini,” tutup Drs Suhadi, SW, M.Si. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update