Notification

×

Strategi Budidaya Dan Pemasaran Anggur Di Kalimantan Barat

Sabtu, 10 Desember 2022 | 03.46 WIB Last Updated 2022-12-10T11:46:30Z
Strategi Budidaya Dan Pemasaran Anggur Di Kalimantan Barat

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Anggur merupakan tanaman asal daerah sub tropis yang memiliki iklim dingin. Namun siapa sangka, ternyata tanaman anggur dapat dibudidayakan di daerah tropis bahkan bisa berbuah dengan lebat dan manis tak kalah dari daerah asalnya.

 

Saat ini tanaman anggur menjadi primadona lantaran cara budidayanya yang cukup mudah dengan biaya relatif murah. Tanaman anggur mulai banyak dibudidayakan di Indonesia sejak pandemi covid-19 tahun 2020. Banyak masyarakat menanam anggur untuk sekedar mengisi pekarangan sampai menjadi sumber pendapatan. Tak perlu tempat yang luas, pekarangan rumah pun bisa dijadikan tempat budidaya anggur.

 

Di Kalimantan Barat sudah banyak yang berhasil membudidayakan anggur khususnya di Kota Pontianak. Masyarakat Kota Pontianak lebih menyenangi budidaya anggur di dalam polybag untuk mengisi pekarangan rumah (Rahmayunita, 2021). Hal ini menunjukkan bahwa anggur dapat tumbuh dengan baik di daerah khatulistiwa Kota Pontianak. Bahkan Kepala UPT Balai Benih Hortikultura (BBH) Dinas Pertanian Kalimantan Barat menyatakan optimis anggur bisa berkembang dan dapat dibudidayakan dengan baik di Kalimantan Barat karena dari 41 varietas anggur yang diuji coba, didapati separuhnya bisa tumbuh dengan baik (Rahmayunita, 2021).

 

Prospek budidaya anggur cukup menjanjikan ke depannya. Permintaan anggur cukup tinggi dengan harga jual menggiurkan. Per kilonya anggur dapat dijual hingga Rp. 100.000 – 250.000/kg. Hal ini dikarenakan anggur masih dianggap sebagai buah premium oleh sebagian masyarakat yang didatangkan melalui impor. Anggur yang didatangkan melalui impor memiliki perlakuan khusus sebelum dikirim ke tujuannya yaitu diberi pengawet agar tahan sampai ke pasar. Bila dibandingkan dengan anggur yang ditanam lokal lebih segar dan tidak perlu pengawet. Hal tersebut merupakan keunggulan anggur lokal dibandingkan anggur impor.

 

Bagaimana, tertarik untuk memulai usaha anggur? Lantas bagaimana strategi pemasaran produk anggur? Meskipun budidaya anggur memiliki potensi pasar yang menjanjikan, namun bagi pemula pemasaran sering menjadi kendala dalam memulai bisnis karena masih kurangnya pengalaman dan koneksi pasar. Oleh karena itu, penting untuk membekali diri dengan wawasan pemasaran.


Tentukan Varietas Anggur

Pertama, usaha budidaya anggur harus dimulai dari menentukan jenis varietas anggur yang hendak dibudidayakan itu sendiri. Di Indonesia cukup banyak varietas anggur impor yang dapat tumbuh subur. Namun hanya beberapa varietas yang cocok tumbuh di daerah tertentu.

 

Gabung Komunitas

 

Membangun koneksi merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis. Bergabung di komunitas merupakan salah satu alternatif membangun koneksi (Kuspriyono, 2020). Manfaat bergabung di komunitas bisa menjadi wadah bertukar keluh kesah, mentoring usaha, dan berbagai macam solusi untuk permasalahan usaha.

 

Kerjasama dengan Mitra

 

Alternatif yang paling memungkinkan memasarkan produk anggur adalah kerjasama dengan mitra tertentu. Berbagai mitra yang dapat mendukung pemasaran anggur meliputi toko buah, freshmart, dan supermarket. Produk anggur dapat dijual langsung ke konsumen sehingga perputaran modal lebih cepat kembali.

 

Ikut Pameran

 

Pameran menjadi kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk. Konsumen dapat secara langsung melihat produk dan wadah membangun interaksi dan komunikasi antara konsumen dan penjual (Yahya & Lubis, 2017). Manfaatnya bagi penjual adalah dapat lebih mengerti terkait produk yang dibutuhkan konsumen sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi untuk mengembangkan produk ke depannya.

 

Memanfaatkan Pemasaran Digital

 

Di era digitalisasi saat ini, hampir seluruh aktivitas hidup manusia di lakukan melalui genggaman tangan. Maka dari itu pemanfaatan platform digital untuk pemasaran produk anggur menjadi alternatif yang baik (Rapitasari, 2016). Pemasaran digital relatif lebih murah dan instan dalam menjangkau target pasar.

Penulis : Muhammad Nurdin, Eva Dolorosa

(Mahasiswa Magister Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura)

 

Daftar Pustaka

Kuspriyono, T. (2020). Strategi Pemasaran Komunitas Pedagang Berbasis Online Dan Personalisasi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 99–106. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8420

Rahmayunita, H. (2021). Peluang Raup Untung, Warga Pontianak Tanam Anggur di Pekarangan Rumah. Retrieved from suaraKalimanatan Barat.id website: https://Kalimanatan Barat.suara.com/read/2021/05/02/134149/peluang-raup-untung-warga-pontianak-tanam-anggur-di-pekarangan-rumah

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Application Based Digital Marketing As a Strategy To Improve Customer Satisfaction Core. Cakrawala, 10(2), 107–122. https://doi.org/10.32781/cakrawala.v10i2.36

Yahya, A. O., & Lubis, D. P. (2017). Efektivitas Pameran sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(2), 183–194. https://doi.org/10.29244/jskpm.1.2.183-194

×
Berita Terbaru Update