Notification

×

Pendidikan Politik Sejak Dini Bekali Pemilih Pemula Melek Demokrasi

Sabtu, 10 Desember 2022 | 16.51 WIB Last Updated 2022-12-11T00:51:49Z
Pendidikan Politik Sejak Dini Bekali Pemilih Pemula Melek Demokrasi

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Walikota Pontianak, Ir Edi Rusdi Kamtono, M.M, M.T hadiri Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula bagi kalangan pelajar SMA, Pelajar khususnya yang sudah memasuki usia pemilih pemula, perlu diberikan agar mereka melek demokrasi.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pontianak, Ir Edi Rusdi Kamtono, M.M, M.T,  di hadapan para siswa peserta sosialisasi pendidikan politik pemilih pemula di SMA Gembala Baik Pontianak yang digelar Badan Kesbangpol Kota Pontianak pada hari Sabtu (10 Desember 2022).

 

Edi berharap melalui sosialisasi tersebut, para siswa yang bakal menggunakan hak pilihnya bisa berpartisipasi dalam memberikan suaranya pada Pemilu 2024 mendatang.

 

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menilai kalangan pelajar atau pemilih pemula perlu dibekali dengan pendidikan politik karena mereka adalah calon-calon pemilih yang akan memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 mendatang. Selain itu, para generasi penerus bangsa ini juga merupakan calon-calon pemimpin masa depan.

 

"Oleh sebab itu, pendidikan politik bagi pemilih pemula bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang politik, demokrasi di kalangan generasi muda atau kaum milenial dalam rangka mewujudkan demokrasi yang baik sehingga partisipasi mereka menentukan pilihannya sesuai dengan hati nurani masing-masing meningkat," ujarnya.

 

Pendidikan politik, lanjut Edi, memiliki peran penting sebagai media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan akhir untuk membuat pemilih pemula menjadi lebih tertarik pada politik.

 

"Dengan sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan pendidikan politik yang baik kepada siswa-siswa sehingga tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu hoaks dalam menentukan pilihannya sesuai hati nurani," ungkapnya.

 

Ia mengimbau para pemilih pemula bisa memperoleh pendidikan politik yang benar, sehingga mereka mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang calon pilihannya baik di Pilkada maupun Pilpres.

 

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu meminimalisir golput yang banyak berasal dari pemilih pemula sekaligus untuk merubah pola pikir mereka tentang pentingnya memberikan hak suara di pemilihan umum nantinya," pungkasnya. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update