Notification

×

Kementan RI Terima Kementerian Dengan Predikat Informatif Terbaik

Kamis, 15 Desember 2022 | 06.47 WIB Last Updated 2022-12-15T14:47:57Z
Kementan RI Terima Kementerian Dengan Predikat Informatif Terbaik

PONTIANAKNEWS.COM (JAKARTA) - Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) meraih kategori Kementerian dengan Predikat Informatif Terbaik dengan skor 99,70 berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh Komisi Informasi Pusat (KI Pusat), Predikat itu diberikan dalam acara "Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022" di Tangerang, Banten pada hari Rabu (14 Desember 2022).

 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), Kasdi Subagyono yang ditemui seusai acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 tersebut.

 

“Mempunyai policy yang sangat kuat utamanya di dalam kerangka untuk menyebarluaskan data dan informasi berkait dengan seluruh aspek pembangunan pertanian kepada khalayak ramai, tidak ada yang kita tutup-tutupi semua berdasarkan data,” kata Kasdi Subagyono.

 

Kasdi yang hadir mewakili Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebut untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik, Kementan juga memperkuat kehumasan pada institusinya.

 

“Bukan soal besar anggarannya, tapi kami sangat concern di dalam memberikan fasilitasi kepada kehumasan kami untuk senantiasa meningkatkan, memperkuat baik SDM, infrastrukturnya, programnya, policy-nya, serta tadi saya sampaikan anggarannya di dalam kerangka kita untuk memperkuat kehumasan kami,” katanya pula.

 

Sebagai wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik, lanjut dia, Kementan juga berfokus pada pemberian layanan informasi publik melalui penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

 

“PPID juga menjadi bagian penting semua bisa menanyakan, mencari informasi, kami juga sudah digital online,” ujarnya.

 

Ia menyebut dengan layanan daring maka akses terhadap informasi pun semakin terbuka, selain memang informasi yang dikecualikan sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). “Tentu kalau sudah online tidak ada yang ditutup-tutupi,” ujarnya lagi.

 

Kasdi menyebut Kementan juga mengupayakan memanfaatkan berbagai instrumen media, termasuk media sosial. "Ini juga yang memberikan satu dorongan kami untuk senantiasa meningkatkan upaya kami melayani publik dalam konteks informasi,” kata Kasdi.

 

Setelah Kementan, peringkat lima besar kementerian yang memperoleh kualifikasi informatif dalam acara "Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022" berturut-turut berikutnya adalah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dengan skor 99,45.

 

Kemudian, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan skor 99,45; Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dengan skor 98,85, dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan skor 98,82.

 

 

Total ada 30 kementerian yang mengantongi kualifikasi informatif berdasarkan hasil monev keterbukaan informasi publik yang seluruh prosesnya dilaksanakan sejak Agustus hingga penghujung tahun 2022.

 

Selain Kasdi, dalam acara “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022" juga dihadiri oleh jajaran pimpinan KI Pusat, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto.

 

Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi, maupun gubernur-gubernur dari sejumlah provinsi di Indonesia.(Tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update