Notification

×

Hasil Sidang Wilayah Lengkap Tahun 2022, Pdt Paulus Ajong Terpilih Sebagai Ketua PGIW Kalbar

Senin, 12 Desember 2022 | 14.54 WIB Last Updated 2022-12-12T22:54:54Z

 

Sidang Wilayah Lengkap Tahun 2022 PGIW Kalbar

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) – Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat menggelar Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) tahun 2022 sekaligus dilanjutkan Sidang Wilayah Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat periode 2022-2027.


Rangkaian Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL)  dan Sidang Wilayah Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW)  tersebut dilaksanakan di Gedung GKE Agape Singkawang Kota Singkawang pada hari Kamis hingga Jumat (24-25 November 2022) lalu.


Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Kadisdukcapil, Walikota Singkawang dan Forkompinda Kalimantan Barat dan Kota Singkawang Sementara dari Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) dihadiri oleh Sekretais Umum (Sekum) PGI, Pdt Jacklyn Frits Manuputty.


Gubernur Kalbar dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kadisdukcapil mengapresiasi PGI dan sinergisitas yang dibangun bersama pemerintah daerah dan majelis keagamaan lainnya untuk merawat kerukunan antar umat beragama. Termasuk membangun kerukunan dengan Pemerintah.


Hal yang sama juga disampaikan Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, dalam sambutannya Ia menyampaikan apresiasi kepada Pengurus Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat karena Kota Singkawang dipercayakan untuk menggelar Sidang MPL dan Sidang Wilayah PGIW Kalbar.


“Singkawang adalah Kota bukan hanya terkenal aneka wisata tetapi juga terkenal keharmonisan antar umat beragama, Terimakasih kami ucapkan atas kepercayaan pengurus PGIW Kalimantan Barat telah memilih Kota Singkawang sebagai tempat kegiatan ini,” ucap Walikota Singkawang.


Sementara itu Sekretaris Umum (Sekum) PGI Pusat, Pdt. Jacky Manuputty menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap semua pihak yang mendukung kegiatan ini.


Pdt. Jacky Manuputty juga menyampaikan komitmen PGI, PGIW dan PGID seluruh Indonesia untuk membangun kerjasama dengan semua pihak untuk merawat kemajemukan dengan sikap saling terbuka, saling menerima dan saling menghargai.


“PGI juga berkomitmen untuk menghidupi nilai-nilai kebangsaan, seperti ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI sesuai Sub Tema Sidang PGIW Kalbar,” tutur Pdt. Jacky Manuputty.


Sidang yang berlangsung dua hari tersebut  juga berhasil memilih Pengurus Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat yang baru periode 2022-2027 melalui Panitia Nominasi yang adalah representasi Gereja-gereja anggota Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat.


Setelah melalui serangkaian panjang sesuai mekanisme yang berlaku lazim di PGI, maka Panitia Nominasi berhasil memilih Pengurus Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat untuk 5 tahun ke depan.


Adapun komposisi Majelis Pengurus Harian (MPH) Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat terpilih untuk periode 2022-2027 adalah sebagai berikut:


Ketua Umum: Pdt. Paulus Ajong, M. The ( GKE)


Wakil 1: Pdt. Filemon Adi Sukardi, M. Pd.


Wakil 2: Pdt. DR. Marintan Sitorus, M. Th (GMII)


Sekretaris Umum: Pdt. Henny Katuuk, S. Th ( GPKB)


Wakil Sekretaris: Pdt. Dwi Widodo, M. Th ( GMI), 


Bendahara umum: Pdt. Frans Rogi, M. Th ( GBI),


Wakil Bendahara: Dkn. Drs. Termanius Ginting (GBKP). 


Perhelatan Sidang MPL dan Sidang Wilayah PGIW Kalbar dihadiri 30 Utusan gereja anggota dari 33 Keanggotaan PGIW Kalbar dan 14 PGID Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Barat.


Selanjutnya Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat tahun 2023 akan dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya dan Persatuan Gereja-gerja Daerah (PGID) Kabupaten Kubu Raya yang akan menjadi tuan rumah.


Sebagai informasi Persatuan Gereja-gerja Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat telah memiliki alat kelengkapan Persatuan Gereja-gerja Daerah (PGID) di seluruh Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat yang meliputi Kota Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Singkawang, Sambas, Landak, Bengkayang, Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Putusibau, Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara. (Tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update