Notification

×

Gabungan Damkar Swasta Kalbar Lakukan Simulasi Penanganan Kebakaran Kecil Dan Serukan Hal Ini

Sabtu, 17 Desember 2022 | 16.40 WIB Last Updated 2022-12-18T00:40:49Z
Simulasi Penanganan Kebakaran Kecil Di Tugu Degulis Untan Pontianak

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) – Sejumlah pemadam Kebakaran (Damkar) tiba-tiba saja beramai-ramai berdatangan di seputaran Tugu Degulis di Universitas Tanjungpura (Untan) jalan A  Yani Pontianak pada hari Sabtu Sore (17 Desember 2022).


Kedatangan Rombongan Damkar diawali dari Damkar Dara Hitam diikuti oleh Kelompok Pemadam Kebakaran lainnya, antar lain Damkar Meranti, Damkar Nipah Kunung, Damkar PST, serta semua Pemadam Kebakaran yang tergabung di Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta Kalimantan Barat.


Ternyata kedatangan Gabungan Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta Kalimantan Barat yang dimotori Damkar dan Resqiu Dara Hitam dalam rangka memberikan edukasi pe nangan kebaranan ringan serta melakukan Deklarasi ajakan menjaga persatuan dan kesatuan menjelang Tahun Pemilu 2024 mendatang.


Hal tersebut disampaikan Ketua Pemadam Kebaklaran (Damkar) Dara Hitam, Muhammad Nurulhag, Ia mengatakan jika selama ini ia dan teman-temannya datang pada saat kebakaran terjadi, kali ini ia bersama kawan-kawan Damkar dan Gabungan Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta Kalimantan Barat datang melakukan Edukasi serta deklarasi ajakan jaga persatuan dan kesatuan jelang Tahun Pemilu 2024 mendatang.



“Kami datang kali ini bukan memadamkan kebakaran, tetapi kami kali ini melakukan edukasi kepada masyarakat yang melintas di Tugu Degulis serta kami mendeklarasikan ajakan serta himbauan kepada Masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan menjelang Tahun Pemilu 2024 mendatang,” terangnya.


Hal senada disampaikan Tokoh Senior Pemadam Kebakaran (Damkar), Edi Zulkarnain, Edi mengatakan dengan dimotori Damkar dan Resqiu Dara Hitam, Gabungan Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta Kalimantan Barat melakukan kegiatan dan aksi sosial di tugu degulis Untan Pontianak.


“Kami mencoba melakukan edukasi penanganan peristiwa kebakaran kecil yang sering terjadi di rumah tangga, karena kebakaran besar biasanya bermula dari kebakaran kecil dan harus segera ditangani, tentu dengan cara dan tehnik yang benar,” ucap Edi.


Edi Zulkarnain menganggap hal yang dilakukan dan diinisiasi oleh Damkar dan Resqiu Dara Hitam adalah sesuatu yang tepat, karena mencegah terjadinya kebakaran besar itu lebih baik daripada memadamkan jika sudah membesar, Edi juga mengapresiasi upaya ajakan dan himbauan yang dideklarasikan bersama Gabungan Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta Kalimantan Barat.


“Penanganan kebakaran kecil itu penting karena itulah penyebabnya kebakaran besar dan harus dengan penanganan yang baik dan benar sama halnya dengan kondisi negara ini, kita harus berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan bangsa apalagui menjelang tahun pemilu 2024 mendatang.


“Kami Damkar ini selain memadamkan kebakaran juga memahami bahwa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar tetap utuh dan bersatu maka kita semua harus terus menjaganya, jangan mudah dipecahbelah, diadu domba dan lain-lain yang bisa menyebabkan kita tidak bersatu,” ungakp Edi.


Aksi Damai yang diisi dengan edukasi dan simulasi pemadaman kebakaran yang dilakukan oleh Damkar dan Resqiu Dara Hitam bersama Gabungan Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta Kalimantan Barat tersebut juga dihibur dengan penampilan penggiat kesenian Jaranan Satrio Mudo Joyo (SMJ) yang melakukan atraksi seni sebagai penutup kegiatan.


Koordinator penggiat kesenian Jaranan Satrio Mudo Joyo (SMJ), Saifuddin mengatakan kolaborasi bersama antara Damkar dan Resqiu Dara Hitam, Gabungan Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta Kalimantan Barat bersama penggiat kesenian Jaranan Satrio Mudo Joyo (SMJ) ini sebagai gambaran persatuan dan kesatuan di Kalimantan Barat yang terus terjaga. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update