Notification

×

Warga Keluhkan Jalan Di Bundaran Tugu Alianyang Yang Rusak, Minim Penerangan Dan Banyak Parkir Liar

Senin, 28 November 2022 | 18.04 WIB Last Updated 2022-11-29T02:04:56Z
Bundaran Tugu Alianyang Jalannya Rusak, Minim Penerangan Dan Banyak Parkir Liar

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) - Kondisi jalan Trans Kalimantan Sungai Ambawang yang banyak berlubang dikeluhkan warga masyarakat, seringnya terjadi kecelakaan yang mengakibatkan banyak sekali korban jiwa pengguna jalan maupun masyarakat sekitar.

 

Salah satu warga bernama Elsi yang berdomisili di Jalan Trans Kalimantan di sekitar Bundaran Tugu Alianyang juga mengelu banyaknya jalan yang berlubang cukup dalam sehingga membahayakan pengguna jalan disekitar bundaran.

 

“Jalan di Trans Kalimantan ini sudah banyak yang berlubang, sepertinya sudah ada upaya tambal sulam tapi itu justru malah menambah lubang semakin besar, banyak pengguna jalan yang alami kecelakaan karena menghindari lubang bahkan ada yg terjatuh karena menabrak lubang tersebut,” ujar Elsi pada hari Senin (28 November 2022).

 

Selain banyak berlubang, minimnya penerangan dan banyaknya parkir liar kendaraan bermuatan, semakin memperparah jalan di sekitar bundaran Tugu Alianyang ini, oleh sebab itu Dirirnya berharap dari instansi terkait atau yang berwenang tentang hal ini untuk bertindak tegas.

 

“Jalan yang rusak sepanjang jalan Trans Kalimantan ini segeralah di perbaiki, jangan ha nya tambal sulam saja, sepertinya bukan malah membaik tapi malah tambah rusak, lampu penerangan jalan bahkan Parkir Liar disini harus ditertibkan,” tegas Elsi.


Ia menceritakan beberapa hari sebelumnya terjadi kecelakaan yang mengakibatkan pengendara roda dua tewas ditempat, karena lokasi kecelakaan gelap tidak ada yang tahu siapa pelaku tabrak lari tersebut.

 

“Beberapa hari lalu saya melintas di jalan ini, tepat di tikungan yang banyak parkir kendaraan Tronton itu ada kecelakaan hingga tewas, karena gelap tak ketahuan siapa yang menabraknya,” bebernya.

 

Menyikapi hal tersebut dirinya juga berharap pihak terkait untuk menertibkan parkir kendaraan di sepanjang Jalan Trans Kalimantan karena sangat membahayakan pengguna jalan.

 

Hal yang sama disampaikan Ketua RT setempat, Rahmat, Ia mengatakan sudah seringkali dirinya bersama warga sekitar bundaran Tugu Alianyang mengingatkan driver kendaraan agar tidak parkir di sepanjang jalan seputar bundaran Tugu Alianyang Sungai Ambawang.

 

“Bahkan kami dengan swadaya membuat rambu-rambu sepanjang jalan di depan komplek kami agar tidak ada kendaraan yang parkir, namun sepertinya itu hanya berlaku saat kami awasi sementara ketika kami tinggalkan mereka kembali parkir disepanjang jalan ini,” ungkap Rahmat.

 

Ia berharap kesadaran dari para pengemudi kendaraan yang biasa memparkirkan di sepanjang jalan disekitar Bundaran Tugu Alianyang untuk tidak memparkirkan kendaraan di lokasi ini, karena seringnya terjadi kecelakaan.

 

Ia mengakui minimnya penerangan di sepanjang jalan Trans Kalimantan ini serta lokasi jalan yang sedikit menyempit ditambah lagi ada beberapa titik yang alami kerusakan menyebabkan didaerah ini rawan terjadi kecelakaan.

 

Ia berharap ada upaya dari Pemerintah Daerah yang berwenang untuk segera mengambil kebijakan mempernaiki serta memberikan penerangan jalan di Sekitar Bundaran Tugu Alianyang agar tidak lagi memakan korban jiwa. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update