Notification

×

Walikota Edi Kamtono Sebut PMI Pontianak Komitmen Jalankan Misi Kemanusiaan

Jumat, 18 November 2022 | 16.30 WIB Last Updated 2022-11-19T00:30:40Z
Ketua PMI Kota Pontianak, Ir Edi Rusdi KamtonoSaat Hadiri Musprov PMI Kalbar

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak, Ir Edi Rusdi Kamtono menegaskan bahwa PMI Pontianak terus berkomitmen jalankan misi kemanusiaan, hal tersebut disampaikanya disaat hadiri Musyawarah Provinsi (Musprov) XIII Tahun 2022 Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang digelar mulai 18 hingga 19 November 2022 di Hotel Ibis Pontianak.

 

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak periode 2022-2027 yang juga merupakan Walikota Pontianak yang hadir pada Musprov tersebut turut memberikan ucapan selamat atas terselenggaranya musyawarah yang digelar PMI Provinsi Kalbar.

 

"Selamat dan sukses atas terselenggaranya Musprov XIII PMI Provinsi Kalbar, semoga musyawarah ini berjalan lancar hingga menghasilkan kesepakatan bersama," ucap Edi.

 

Edi menuturkan, keberadaan PMI sangat memberikan manfaat besar bagi kemanusiaan. Oleh sebab itu, PMI Kota Pontianak berkomitmen untuk menjalankan misi kemanusiaan dalam membantu sesama. Namun demikian, tak dipungkirinya, PMI sebagai lembaga sosial kemanusiaan tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan semua pihak.

 

"Saya mengajak kepada seluruh anggota dan pengurus PMI untuk bisa bekerjasama, bahu-membahu menjalankan organisasi yang kita cintai ini, dan tentunya kami juga sangat berharap dukungan dari semua pihak," ungkapnya.

 

Ia memaparkan, selama kurun lima tahun kepengurusan PMI Kota Pontianak sebelumnya, telah banyak yang dilakukan PMI, terutama dalam pelayanan pemenuhan stok darah bagi masyarakat. Berdasarkan laporan Unit Transfusi Darah (UTD) tahun 2021, rerata kebutuhan darah per hari sebanyak 120 kantong darah yang didistribusikan ke 28 rumah sakit dan klinik, dengan rincian 17 di Kota Pontianak dan 11 rumah sakit luar Kota Pontianak.

 

"PMI Kota Pontianak baru dapat memenuhi stok sekitar 83 persen yang diperoleh dari 12.809 pendonor darah sukarela," jelas Edi.

 

Tak hanya berkaitan dengan pelayanan pemenuhan darah maupun donor darah, PMI melalui relawan-relawannya juga mengambil peran dalam berbagai penanggulangan bencana maupun pelayanan sosial kesehatan masyarakat.

 

"Antara lain posko siaga bencana 24 jam, layanan pertolongan pertama dan ambulance gratis bagi masyarakat dan masih banyak lagi," tukasnya. (tim liputan).

 

Editor : Putri 

×
Berita Terbaru Update