Notification

×

Sujiwo Optimis Porprov Kalbar Kembali Lahirkan Atlet Tarung Derajat Peraih Medali Emas PON

Sabtu, 05 November 2022 | 06.40 WIB Last Updated 2022-11-05T13:40:02Z
Ketua Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kalimantan Barat Sujiwo 

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Barat XIII mulai mempertandingkan cabang olahraga (cabor) tarung derajat hari ini, Kamis, 3 November 2022. Digelar di Sport Center Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, cabor bela diri asal Jawa Barat ini dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 6 November mendatang.

 

Ketua Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kalimantan Barat Sujiwo menyebut Porprov XIII ini merupakan ajang pemanasan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh pada 2024 nanti. Selain menjadi turnamen pemanasan PON, Porprov Kalbar ini juga menjadi ajang pemetaan atlet-atlet potensial untuk diikutsertakan pada kejuaraan yang lebih tinggi, seperti Kejuaraan Nasional, Pekan Olahraga Pelajar Nasional, dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional.

 

"Tujuan utama kita memang memproyeksikan petarung-petarung Kalbar untuk PON, ya. Tetapi, karena slot untuk PON itu terbatas, sementara petarung-petarung andal kita banyak, maka mereka yang punya potensi untuk meraih prestasi di level nasional akan diikutsertakan ke kejuaraan-kejuaraan lain, seperti kejurnas, Popnas, Pomnas, dan sebagainya," ucap Sujiwo saat diwawancarai usai Pembukaan Porprov XIII Cabor Tarung Derajat pada hari Kamis (3 November 2022).

 

Sujiwo optimistis Porprov kali ini kembali melahirkan petarung hebat yang kelak akan mempersembahkan emas untuk Kalbar pada PON 2024. Wakil Bupati Kubu Raya itu meyakini, tradisi emas Kalbar pada cabor tarung derajat belum akan berhenti pada PON XXI yang akan berlangsung di Sumut dan Aceh tersebut.

 

"Beberapa edisi terakhir, kita (cabor tarung derajat) menjadi penyumbang emas rutin bagi Kalbar. Di Jawa Barat tahun 2016 kita menyumbang satu emas, sementara di Papua pada 2021 lalu kita dapat dua emas. Capaian di dua edisi PON terakhir saya yakin tidak akan menurun di 2024 nanti. Artinya, dengan kata lain, emas akan kembali kita raih dan insyaallah dari ajang Porprov inilah peraih emas itu lahir," tukasnya.

 

Pertandingan cabor tarung derajat Porprov Kalbar secara resmi dibuka oleh Ketua KONI Kalbar Fachrudin Siregar. Pencipta bela diri tarung derajat Ahmad Drajat atau Aa Boxer turut serta dalam seremoni pembukaan sekaligus memberikan motivasi kepada para petarung. (na/tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update