Notification

×

Kemeriahan Perayaan HUT Ke-18 Tahun Akan Digelar DPD Repdem Kalbar, Ini Penjelasan Paulus Ade

Jumat, 25 November 2022 | 15.10 WIB Last Updated 2022-11-25T23:10:47Z
Ketua DPD Repdem Kalbar, Paulus Ade Sukma Yadi

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Dewan Pimpinan Daerah Relawan Perjuangan Demokrasi Provinsi Kalimantan Barat (DPD Repdem Kalbar) akan menggelar Seminar Nasional dengan tema “Ketahanan Nasional” dan menggelar panggung seni budaya dalam rangka Perayaan HUT Repdem Ke-18 Tahun.

 

Hal tersebut terungkap saat beraudiensi bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang diterima langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol), Provinsi Kalimantan Barat, Drs Hermanus, M.Si di Aula Kebangpol Kantor Gubernur Kalbar Jalan A Yani Pontianak pada hari Kamis (24 November 2022).

 

Ketua DPD Repdem Kalbar, Paulus Ade Sukma Yadi mengatakan, kedatangannya bersama pengurus bertujuan menyampaikan rencana perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Pimpinan Daerah Relawan Perjuangan Demokrasi Provinsi Kalimantan Barat dan berkoordinasi kepada pihak Pemerintah Daerah provinsi Kalimantan Barat.

 

“Kita diterima langsung oleh Pak Hermanus selaku Kepala Kesbangpol KalBar, dalam audiensi tersebut kita memaparkan bahwa DPD Repdem Kalbar akan menggelar Seminar Nasional dengan tema “Ketahanan Nasional” dan menggelar panggung seni budaya yang akan dimeriahkan oleh artis Nasional yaitu Marjinal Band kolaborasi dengan Fery Sape dan Kentung sape,” jelas Ade.

 

Ade menjelaskan ada empat acara inti yang akan kita gelar, pertama adalah lomba film dokumenter  tentang Soliditas Marhaenis, dimana video tersebut berisikan perjuangan-perjuangan Kaum Marhaen yang terdiri dari buruh, tani, nelayan, kaum miskin kota dan mahasiwa dalam mempertahankan hak hidup.

“Lomba ini akan digelar mulai tanggal 1-10 Desember 2022 dan pemenang akan diumumkan tanggal 12 Desember 2022, ada juga perlombaan sape yang kita ambil adalah umur 17-25 tahun, mengingat sape adalah alat musik ciri khas KalBar dan alunan petikannya mengeluarkan suara ciri khas,  maka kita berharap para pemenang nantinya akan kita promosikan hingga ke Nasional dan menjadi generasi penerus pecinta seni budaya, Lomba sape akan kita gelar pada tgl 16 Desember 2022 di Selasar Rumah Radakng,” ungkapnya lagi.

 

Ade menambahkan Seminar Nasional dengan Tema “Ketahan Nasional” akan menghadirkan beberapa narasumber yang akan menjadi pemateri adalah Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia (Wamentan RI), Harvick Hasnul Qolbi, Kepala Kesbangpol Kalbar, Drs Hermanus,M.Si, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, S.Sos juga terkonfirmasi akan hadir.

 

Sementara itu Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan juga terkonfirmasi akan hadir, Anggota Komisi II dan Banggar DPR RI, Drs Cornelis, MH serta Forkopimda Kalbar lainnya akana menjadi narasumber Seminar Nasional yang akan digelar di Aula Lantai II Rumah Radakng Pontianakt tersebut.

 

Ade memaparkan pada malam puncak Perayaan HUT Repdem Kalbar akan menggelar Panggung Seni dan Budaya yang akan menampilkan pemenang lomba sape, tarian Cina Dayak Melayu (Cidayu), pemutaran Film Dokumenter khusus yang juara satu dan Potong Tumpeng.

 

Panggung Seni dan Budaya juga akan kita meriahkan dengan beberapa penampilan, pada opening ada penampilan Kartel Performance, puncaknya akan dihibur oleh Marjinal Band salah satu band nasional yang kita lihat lagu-lagunya tentang perjuangan-perjuangan boleh kita katakan hingga hari ini masih digunakan mahasiswa setiap turun kejalan saat mereka turun kejalan memperjuangkan hak-hak masyarakat, misalnya lagu Buruh Tani, Darah Juang Dan Luka Kita yang akan dikolaborasikan dengan  pemain sape sebagai bentuk kita menjunjung tinggi kearifan local, yaitu penampilan kolaborasi lagu-lagu Marjinal, Fery Sape dan Kentung Sape,” pungkas Ade. (tim liputan).

 

Editor : Putri

  

×
Berita Terbaru Update