Notification

×

Bupati Muda Raih Penghargaan PGRI, Komitmen Majukan Dunia Pendidikan

Sabtu, 26 November 2022 | 02.00 WIB Last Updated 2022-11-26T10:00:10Z
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan 

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mendapatkan penghargaan Anugerah Dwija Praja Utama dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Bupati Muda dinilai punya komitmen yang tinggi dan prestasi dalam pembangunan di bidang pendidikan di Kabupaten Kubu Raya.

 

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PGRI Kalimantan Barat, Muhamad Firdaus, M.Pd mengatakan pemberian penghargaan merupakan bentuk apresiasi PGRI kepada kepala daerah yang telah mencurahkan perhatian dan komitmennya bagi kemajuan dunia pendidikan.

 

Hal itu disampaikanya di sela-sela kegiatan Peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2022 di Taman Alun Kapuas Pontianak pada hari Jumat (25 November 2022).

 

Muhamad Firdaus, M.Pd yang juga Rektor IKIP PGRI Pontianak ini mengatakan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, merupakan satu di antara kepala daerah yang dinilai memenuhi kriteria penerima penghargaan dari PGRI.

 

“Kita tidak ujug-ujug memberikan penghargaan ini kepada kepala daerah, melainkan melalui proses penilaian terhadap kepala daerah yang memang concern memajukan dunia pendidikan termasuk perhatian pada guru-guru,” ucap Firdaus.

 

Firdaus mengungkapkan para kepala daerah yang menerima Anugerah Dwija Praja Nugraha dinilai telah memberikan perhatian secara detail kepada guru-guru khususnya di daerah masing-masing. Sehingga PGRI menganggap para kepala daerah tersebut pantas mendapatkan apresiasi.

 

“Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang memiliki dedikasi tinggi dan perhatian besar kepada dunia pendidikan,” sebutnya.

 

Firdaus mengakui masih terdapat kekurangan pada prasarana dan sarana infrastruktur pendidikan di sejumlah daerah. Karena itu, pihaknya juga menyampaikan kepada pemerintah daerah kabupaten dan kota maupun provinsi untuk terus berbenah.

 

“Jadi PGRI memberikan masukan kepada pemerintah daerah melalui kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota maupun provinsi untuk memperhatikan sekolah-sekolah yang sarana prasarananya masih kurang,” jelasnya.

 

Sementara itu Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan berterima kasih kepada PGRI Kalimantan Barat yang telah menganugerahkan Dwija Praja Nugraha kepada dirinya. Ia menyatakan komitmen pembangunan di bidang pendidikan merupakan satu di antara wujud percepatan dalam hal pelayanan dan pemenuhan hak dasar masyarakat.

 

“Kalau pendidikan itu sudah mutlak harus. Kita tidak pernah lelah untuk terus memperkuatnya,” ujar Muda.

 

Muda mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas guru di Kubu Raya. Hal itu dilakukan melalui berbagai program yang salah satunya melalui pusat belajar guru.

 

“Itu kan dalam rangka percepatan juga di dalam peningkatan kualitas pendidikan di daerah,” ucapnya.

 

Secara khusus Muda juga berharap para guru dapat adaptif dengan pesatnya perkembangan saat ini. Ia mengajak para guru untuk progresif. Menurutnya, dunia pendidikan saat ini tidak lagi sama dengan dahulu.

 

“Yang namanya pendidikan apalagi sekarang ada pendekatan Merdeka Belajar dan platform Merdeka Mengajar, kita bukan lagi sifatnya sama seperti dulu. Jadi saat ini fungsi guru lebih kepada fasilitator dan bukan cuma seperti guru di kelas. Dia harus memberikan inisiatif pada anak-anak didiknya,” tuturnya.

 

Muda menyatakan saat ini yang diperlukan adalah profil guru yang berkualitas tinggi tapi tetap punya karakter rendah hati. Ia mengibaratkan bahwa saat ini guru harus punya perspektif untuk “mengabdi” kepada muridnya. Alih-alih bersikap superior.

 

“Karena memang zamannya sudah zaman yang membutuhkan apresiasi. Butuh lebih banyak mendengarkan dan lebih banyak diskusi karena eranya sudah menuntut demikian,” pungkasnya.

 

Selain Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang mendapatkan penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kabupaten Kubu juga meraih penghargaan atas prestasi pencapaian tata kelola organisasi dan keuangan sesuai dengan program Pengurus Provinsi PGRI Kalimantan Barat. Selain itu, Guru SD Negeri 4 Kecamatan Teluk Pakedai Yosi Oktafiani meraih Juara II Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berdedikasi. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update