Notification

×

Berani Kritik Terbuka Walkot Singkawang, FW Dan LSM Kalbar Apresiasi Sikap Susi Wu

Kamis, 17 November 2022 | 18.04 WIB Last Updated 2022-11-18T02:04:51Z
Anggota DPRD Kota Singkawang Fraksi NasDem, Susi Wu

PONTIANAKNEWS.COM (SINGKAWANG) - Forum Wartawan dan Lembaga Sosial Masyarakat (FW & LSM) Kalbar-Indonesia mengapresiasi sikap berani  Anggota DPRD Kota Singkawang Fraksi NasDem, Susi Wu yang  mengkritik Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, soal banjir akibat Perencanaan serta pelaksanaan  Pembangunan dan Tata Kota Singkawang.

 

Terutama mengenai saluran air dan pengerukan sungai yang dinilainya tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga mengakibatkan banjir.

 

Kritik berani Susi Wu melalui Unggahan video itu tersebar lewat pesan berantai melalui WhatsApp, Susi Wu dalam kapasitasnya sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota Singkawang, memiliki hak yang melekat untuk melakukan pungsi kontrol sosial, terhadap jalannya pembangunan dan pemerintahan.

 

Hal ini disampaikan DR. Sukahar SH.MH Komda LP KPK Kalbar, juga sebagai Ketua Presidium Forum Wartawan & LSM Kalbar Indonesia melalui siaran pers nya yang diterima redaksi.

 

Sukahar mengatakan, Tjhai Chui Mie selaku Wali Kota Singkawang semestinya berterima kasih kepada Susi Wu, karena masih ada yang perduli terhadap keadaan  banjir di kota Singkawang disaat yang lain bungkam semua.

 

“Bukan Pemkot malah melakukan pengaduan ke polisi. Lucu ya ?

 

Meskinya duduk bareng menyelasaikan masalah banjir yang sebelumnya tidak pernah terjadi seperti sekarang ini.

 

Dalam video itu, Susi Wu terdengar emosi hingga berbicara kasar menyindir Tjhai Chui Mie saking kesalnya dengan persoalan banjir yang turut menenggelamkan rumahnya.

 

Menurut DR. Sukahar., S.H., M.H., masih dalam batas yang wajar dilakukan Susi Wu, karena selain kapasitas sebagai Anggota   Dewan bisa mewakili masyarakat yang terdampak adanya banjir.

 

Adapun rumah anggota DPRD Singkawang Susi Wu, berada di kawasan Komplek Villa Permata Kaliasin, Kelurahan Sedau, Singkawang Selatan.

 

Dan rumah Susi Wu pun tak ayal terendam dengan ketinggian genangan banjir sebetis orang dewasa. Susi Wu pun terlihat jelas tengah susah payah membersihkan lantai rumah sambil menggerutu akibat rasa kecewanya.

 

Di tempat terpisah Sekjen Forum Wartawan & LSM Kalbar Indonesia Wan Daly Suwandi ,menyikapi adanya pengaduan ke polisi yang dilakukan Pemkot Singkawang terhadap Susi Wu, menurutnya  menunjukan sikap yang tidak  siap menerima kritik membangun dan alergi atas sikap kritis yang disampaikannya.

 

Apalagi kritik itu disampaikan oleh salah seorang Anggota Dewan Kota Singkawang, Dimana Susi Wu memiliki  hak untuk melakukan kontrol sosial terhadap jalannya pembangunan dan pemerintahan Pemkot Singkawang.

 

Bukan Pemkot Singkawang malah malakukan pengaduan ke Polisi, seharusnya Pemkot Singkawang  introspeksi. Tentunya ada sebab dan akibat dari adanya banjir.

 

Susi Wu menyikapi adanya pengaduan yang disampaikan Pemkot Singkawang ke Polisi dengan santai dan tenang bahkan menyatakan tidak merasa gentar. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update