Notification

×

Tegaskan Hanya Ada Satu KADIN Di Indonesia, Ini Penjelasan H Affandi Udji

Jumat, 14 Oktober 2022 | 08.59 WIB Last Updated 2022-10-14T15:59:56Z
Ketua Umum KADIN Sumatera Selatan, H Affandi Udji

PONTIANAKNEWS.COM  (PALEMBANG) - Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menerbitkan surat resmi yang ditujukan kepada seluruh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Se-Indonesia. Dalam surat tersebut menegaskan bahwa hanya ada Satu KADIN di Indonesia.


Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Selatan (Sumsel), H Affandi Udji kepada media usai menerima surat  bernomor: 2247/KU/X/2022 yang diterbitkan di Jakarta, 10 Oktober 2022, bersama lampiran berupa Keppres no. 18/2022, KADIN Indonesia mempertegas Keppres No. 18/2022.


"Kepres tegaskan hanya satu Kamar Dagang dan Industri (KADIN), yakni KADIN Indonesia yang dipimpin oleh Ketua Umumnya yakni M. Arsjad Rasjid P.M," kata Affandi.


Diketahui, dalam surat yang ditandatangani Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang organisasi, Hukum dan Komunikasi, Yukki Nugrahawan Hanafi dan Wakil Ketua Umum Bidang organisasi, Eka Sastra juga menegaskan bahwa secara resmi Kepres telah mengesahkan hasil amendemen AD & ART KADIN.


"Pengesahan tersebut menindaklanjuti hasil pelaksanaan Musyawarah Nasional Khusus (Munassus) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) pada tanggal 23 Juni 2022 lalu di Banten," sambung Affandi.


Masih menurut Affandi, sebagaimana termuat dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri (UU KADIN), hanya terdapat 1 (satu) KADIN yang merupakan wadah bagi Pengusaha Indonesia.


"Sehingga bilamana ada klaim-klaim dari pihak lain yang mengatasnamakan diri sebagai Ketua Umum KADIN Indonesia, tentulah klaim-klaim tersebut ialah keliru dan tidak berlandaskan hukum," tegasnya.


Affandi menambahkan, surat yang Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Selatan (Sumsel), terima dalam tembusannya tertuju kepada M. Arsjad Rasjid P.M., Ketua Umum KADIN Indonesia, Para Gubernur Se-Indonesia, Para Bupati dan Walikota Se-Indonesia dan terakhir, para Ketua KADIN Kabupaten atau Kota se-Indonesia.


"Artinya surat ini juga menjadi atensi bagi pemerintah daerah, termasuk di Sumatera Selatan (Sumsel)," tutupnya. (tim liputan*).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update