Notification

×

Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FAI UM Pontianak, Bisnis Pilihan Syariah Keharusan

Selasa, 25 Oktober 2022 | 06.50 WIB Last Updated 2022-10-25T13:50:32Z

Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FAI UM Pontianak
PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Perkembangan industri syariah saat ini terus berkembang pesat yang ditandai dengan perkembangan lembaga keuangan syariah baik di Indonesia maupun luar negeri.


Bahkan Pemerintah Indonesia juga membuktikan keseriusan dalam mendukung akselerasi perkembangan industri berbasis syariah diantaranya dengan mencetak blue print Master Plan Ekonomi Syariah 2019-2024 dengan juga didirikan KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah) untuk memperkuat ekosistem bisnis syariah di Indonesia.


Perkembangan industri ini tentunya perlu didukung SDM yang handal dan kompeten di dalamnya, maka untuk menyambut kebutuhan pasar di tahun 2019 menjadi tahun yang patut disyukuri oleh Fakultas agama Islam UM Pontianak, hal ini dikarenakan telah dibukanya Program Studi baru yang sudah dinantikan eksistensinya yaitu Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS).


Saat ini, berdasarkan SK BAN-PT No. 2057/SK/BAN-PT/Akred/III/2022 Prodi MBS UM Pontianak berhasil meraih predikat akreditasi Baik” hingga 2027, yang ini menandakan bahwa Prodi MBS selalu bertransformasi dan selalu mengembangkan diri untuk terus maju bersaing dan memiliki lulusan yang kompetitif.


Prodi MBS yang memiliki visi Mewujudkan Lulusan Sarjana Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Pontianak yang Unggul, Berdaya Saing Berbasiskan IPTEKS, Nilai Al – Islam dan Kemuhammadiyahan ditingkat nasional Tahun 2023”, saat ini di dukung oleh SDM (dosen-dosen) lulusan universitas bergensi di Indonesia dan International.


Selain itu kurikulum MBS juga sudah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020.


Mahasiswa dapat menempuh sejumlah mata kuliah di luar program studi, baik di lingkungan UMP atau bahkan di Perguruan Tinggi lain, didalam negeri maupun diluar negeri seperti pertukaran mahasiswa pada Asia University di Taiwan dan lainnya.


Untuk mendukung profil lulusan yang ahli dalam entrepeneur syariah, Konsultan Keuangan dan Bisnis Syariah, serta Praktisi Lembaga Keuangan Syariah seperti ahli pada Pasar Modal Syariah, Perbankan Syariah, BMT dan lainnya.


Maka selain kurikulum mata kuliah yang memiliki muatan sesuai dengan kebutuhan pasar, Prodi MBS juga menghadirkan para praktisi sesuai dengan keahliannya seperti fasilitator Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), praktisi Pasar Modal, Praktisi Perbankan, juga dosen tamu dari luar seperti dari University College of Bahrain, Karabuk University Turki dan lainnya.


Hal ini dilakukan agar mahasiswa merasakan pengalaman belajar yang lebih sesuai dengan praktek nyata dilapangan.


Berbagai kerjasama juga telah dibangun oleh Prodi MBS dengan dunia industri seperti Indonesian Stock Exchange (IDX) Kalbar dimana salah satu kerjasamanya saat ini sudah didirikan Galeri Investasi Syariah (GIS), Bank Syariah Indonesia, Bank Kalbar Syariah, Pegadaian Syariah, Perhimpunan Statistic Kalbar, Komunitas UMKM, LazisMU Kalbar, Islamic Economic forum for Indonesian Development (ISEFID) Malaysia dan lainnya.


Selain itu, saat ini Prodi MBS juga memfokuskan secara intensif pada kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa dalam dunia perdagangan eksport dimana ini menjadi keunikan sendiri bagi Prodi MBS UM Pontianak dimana mungkin sedikit sekali dari kampus lain yang memfokuskan pada bidang ini.


Juga kegiatan mahasiswa lain yaitu Komunitas Sekolah Pasar Modal Syariah (KSPMS) dimana mahasiswa bisa praktek langsung dalam industri capital market yang ini menjadi bekal bagi mahasiswa dalam dunia investasi yang berbasis syariah, juga peningkatan kemampuan Shariah Digital Entrepreneurship dimana mahasiswa MBS diajarkan praktek digitalisasi bisnis tentunya dengan bekal keilmuan syariah didalamnya, karena prodi selalu menitikberatkan kepada mahasiswa selain ahli dalam keilmuan umum juga pakar dalam ilmu fiqih muamalah agar bisnis atau pekerjaan yang dijalankan senantiasa dalam koridor pemenuhan kategori halal dan berkah.


Agar tercipta link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja, Prodi MBS terus membuka kerjasama dengan dunia industri baik dalam perkuliahan, Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa, Seminar, Event Bazar dan lainnya.


Akhir kata, Ahli di Lembaga Keuangan Berbasis Syariah, Edukasi ekspor, Shariah Digital Entrepreneurship, KSPMS menjadi produk unggulan yang ditawarkan oleh Prodi MBS kerena ini menjadi komitmen MBS untuk mencetak alumni yang berkualitas dan mampu bersaing dalam dunia kerja. (BP/tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update