Notification

×

Pemberian Bantuan Sosial Polda Kalbar Dirangkaikan Peringatan Maulid Nabi Di Pemangkat

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 10.55 WIB Last Updated 2022-10-08T17:55:52Z
Pemberian Bantuan Sosial Polda Kalbar Di Pemangkat

PONTIANAKNEWS.COM (SAMBAS) - Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, SH, M.Hum mengapresiasi kegiatan Dzikir dan sholawat dalam rangka peringati Maulid Nabi Muhamad SAW yang dilaksanakan masyarakat Pemangkat dan dipusatkan di jalan Muhammad Hanbal Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas yang dihadiri oleh 5000 jemaah masyarakat Pemangkat Sambas pada hari Sabtu (8 Oktober 2022).


Pada kegiatan tersebut juga diisi dengan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena dampak penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada warga dari Polda Kalimantan Barat.


Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji menyapa langsung ribuan Jamaah Majelis Dzikir dan Sholawat yang memadati lokasi acara dan berharap dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad tersebut membuat semua semakin semangat dan kuat menjalankan tuntutan beliau dalam beragama.


"Semoga kita semakin mengingat Rasulullah, semakin semangat dan kuat menjalankan tuntutan Nabi Muhammad SAW dalam beragama. Untuk Sambas, urusan saya menyelesaikan rumah adat melayu, waterfront, SMK Terpadu Sambas dan jalan tanah hitam," ungkap Sutarmidji.


Sambas memang terkenal dengan para cendikiawan dan ulamanya. Seperti diketahui, jumlah masyarakat muslim Sambas di atas 80 persen dari jumlah penduduknya.


"Saya ingin sampaikan kepada Bapak-Ibu semua, Sambas ini gudangnya para Ilmuwan, Para Doktor, Profesor, Ulama yang paling hebat diakui Syaikh Ahmad Khatib Sambasy. Saat ini, saya punya program 1.000 hafiz 30 juz dan 5.000 hafiz 20 juz. Sampai saat ini, hafiz yang di wisuda dari Sambas baru 6 orang saja. Untuk itu, mari kembalikan kejayaan Sambas dan jadikan Sambas sebagai gudangnya Hafiz dan Hafizah", harap Sutarmidji di depan para jamaah.


Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 Hijriyah di Pasar Pemangkat ini selain dihadiri Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji S.H.,M.hum, hadir juga Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc., Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Sekda Kalbar), dr. Harisson, M.Kes., Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalbar, Ir. H. Prabasa Anantatur, M.H., dan Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalbar, Ir. H. Suriansyah, M.MA., beserta Kakanwil Kemenag Kalbar selaku Penceramah pada Maulid Nabi SAW ini.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Sambas H. Satono juga menyampaikan bahwa momentum ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang dapat mempertemukan semua dalam majelis dzkir dan sholawat maulid Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.


“Memperingati dan menghormati lahirnya Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, pada situasi pademi covid-19 kemudian juga terjadinya inflasi ini merupakan ujian dari Allah SWT kepada kita semua agar kita dapat bersabar dan meningkatkan keimanan, Maju dan Mundurnya Kalbar tergantung dari kita Masyarakat Kab. Sambas dalam berkontribusi,” ungkapnya.


Sementara itu Ketua Panitia H. Wasli Matsum, M.Pd.I dalam sambutan mengatakan kegiatan pemangkat berzikir dan bershalawat  merupakan  Taaruf  Maulid Baginda Nabi Besar Muhammad SAW,  menghormati lahirnya baginda nabi besar Muhammad SAW.


“Dengan Memperingati lahirnya Baginda Nabi Besar Muhammad SAW ini kita sesama umat muslim dapat bersilahturahmi memperkuat ukhuwah islamiah serta berdoa agar kita bisa mengikuti tuntunan Nabi Muhamad SAW,” jelasnya.


Sebelum kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 Hijriyah di Pasar Pemangkat ini dilaksanakan penyerahan 150 paket sembako (Bansos )secara Simbolis dari Polda Kalbar Peduli kepada H. Wasli Matsum M.Pd.I.  yang juga merupakan ketua MABM Kecamatan Pemangkat,  Kepada Ketua MUI Kecamatan Pemangkat, Ketua LPTQ Kec. pemangkat Kabupaten Sambas yang dihadiri oleh Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Dan Basarnas Pemangkat.


H. Wasli Matsum M.Pd.I.  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polda Kalbar yang sudah menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM.


“Saya sangat berterima kasih kepada pihak Polri khususnya Polda Kalbar atas amanah dan kepercayaan untuk menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM di wilayah kec. Pemangkat, walaupun jumlahnya terbatas namun tidak mengurangi dari niat dan tujuan yg baik ini dan Kami sangat mendukung tugas-tugas polri dalam menjaga Harkamtibmas di Kalbar.” Kata H.wasli Matsun.


Ia berharap dengan bantuan sosial yang disalurkan Polda Kalbar ini diharapkan mampu membantu masyarakat yang terdampak sehingga dengan kebersamaan semua pihak dapat memajukan pembangunan di Kabupaten Sambas. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update