Notification

×

Mahasiswa Seni Musik Azerbaijan Terpukau Musik Dan Tari Tradisional Indonesia

Kamis, 06 Oktober 2022 | 05.29 WIB Last Updated 2022-10-06T12:29:51Z
Mahasiswa Seni Musik Azerbaijan Terpukau Musik Dan Tari Tradisional Indonesia

PONTIANAKNEWS.COM (AZERBAIJAN) - Ratusan mahasiswa seni musik Azerbaijan National Conservatory dibuat terpukau dengan alunan musik dan luwesnya gerakan tari tradisional Indonesia yang dibawakan secara apik oleh staf KBRI dan mahasiswa Azerbaijan alumni beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) pada hari Senin (3 Oktober 2022).

 

Dengan diiringi alunan alat musik angklung, sape dan talempong, para pemusik secara harmonis dan energik membawakan lagu tradisional manuk dadali, medley Nusantara serta lagu populer Azerbaijan.

 

Tak kalah pula keluwesan para penari yang terdiri dari mahasiswa Azerbaijan binaan KBRI Baku turut meramaikan suasana pertunjukan dengan membawakan tari Indang, dan Ondel-ondel serta Tari Topeng dan Pujanggan yang dibawakan khusus oleh penari Indonesia alumni ISI Yogyakarta.

 

Para mahasiswa musik Azerbaijan yang saat ini sedang menempuh pendidikan seni musik berupa piano, biola, harpa dan alat musik tradisional Azerbaijan cukup penasaran untuk turut mencoba beberapa alat musik Indonesia mengingat baru pertama kali melihat dan menyaksikan secara langsung penampilan musik Indonesia yang sangat unik tersebut.

 

Pertunjukan tari dan musik Indonesia itu merupakan bagian dari kegiatan terpadu KBRI Baku dalam promosi budaya, pariwisata dan rangkaian peringatan 30 Tahun Hubungan Bilateral RI-Azerbaijan.

 

Duta Besar Hildi Hamid turut melakukan pertemuan dengan Rektor Azerbaijan National Conservatory, Prof. Siyavush Ashraf Karimi yang juga merupakan komposer terkenal dan artis nasional Azerbaijan.

 

“Harapannya, melalui pentas musik dan tari ini, KBRI Baku dapat memperkenalkan kepada generasi muda Azerbaijan mengenai seni budaya Indonesia dan semakin memperat hubungan antar masyarakat kedua negara,” ungkap Duta Besar Hildi.

 

Sementara Prof. Siyavush Karimi mengharapkan terjalinnya kerjasama antara universitas dengan institut-institut seni di Indonesia dan terdapatnya mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan seni di universitas tersebut. (Sumber: KBRI Baku Azerbaijan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update