Notification

×

Kementerian Pertanian Fasilitasi Bimtek Program KUR Kepada Para Petani Wanita

Selasa, 18 Oktober 2022 | 03.03 WIB Last Updated 2022-10-18T10:03:48Z
Bimtek Program KUR Kepada Para Petani Wanita

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Kementerian Pertanian melaksanakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Fasilitasi Pembiayaan Pertanian melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani wanita yang digelar di Hotel Aston Pontianak pada hari Senin (17 Oktober 2022).

 

Kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Fasilitasi Pembiayaan Pertanian melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani wanita tersebut dalam rangka bimbingan teknis Pembekalan kepada petani wanita yang ingin mengajukan KUR. Melibatkan 100 peserta dari Kabupaten dan Kota di Kalimantan Barat.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, BPTP Balitbangtan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Pertanian Kalimantan Barat, Bank BNI 46, Bank BRI dan pelaku usaha Entrepreneurship serta Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota di Kalimantan Barat.

 

Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Fasilitasi Pembiayaan Pertanian melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani wanita dibuka oleh Ir. Indah Megawati, MP. selaku Direktur Pembiayaan Pertanian Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Indah berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah para wanita di bidang pertanian.

 

"Peranan wanita sangat penting dalam pembangunan berkelanjutan serta kemajuan pertanian Indonesia. Melalui bimtek ini diharapkan peserta dapat mengerti cara mengakses sumber pembiayaan sehingga dapat memudahkan akses pengajuan kredit usaha rakyat (KUR) serta semakin banyak petani yang dapat memanfaatkan program KUR ini untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian. Ini merupakan salah satu program untuk mewujudkan ketahanan pangan kita di indonesia." papar Ir. Indah Megawati.

 

Direktur Pembiayaan Pertanian Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) ini mengatakan bahwa peranan wanita pada pembangunan pertanian menurutnya adalah hal yang utama.

 

"Yang kita tahu banyak kegiatan kegiatan hampir 90% ada di tangan wanita, saat ini kami mengadakan bimtek fasilitas pembiayaan permodalan bagi petani wanita serta disini juga ada contoh hasil pertanian tersebut. Kami berharap bimtek ini dilaksanakan dari hulu sampai ke hilir tentunya melibatkan perempuan pada prosesnya," ujarnya.

 

Lebih lanjut Ir. Indah Megawati, MP berharap hasil dari kegiatan ini tentunya bisa membangun sinergisitas dengan semua stake holder terkait.

 

 "Diharapkan para pelaku usaha dapat bersinergi dengan semua elemen terkait seperti DPRD di Kalimantan Barat, Kementerian Pertanian, Peneliti dan yang terkait. Pembinaan yang berkelanjutan dibutuhkan agar pertanian serta ketahanan pangan kita tetap dapat terkendali," pungkasnya. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update