Notification

×

Jelang Tahun Politik 2024, Warga Transmigran Agar Berperan Nyata

Minggu, 23 Oktober 2022 | 18.00 WIB Last Updated 2022-10-24T01:00:41Z
Saat RAKORNAS Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI)

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) – Menjelang Tahun Politik 2024 Warga Tranmigrasi diharapkan bisa berperan nyata, hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) saat menutup secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) pada Sabtu malam (22 Oktober 2022).


Ketua Umum (Ketum) DPP PATRI, H. Sunu Pramono Budi  atau akrab di sebut Lurah PATRI Hasprabu berharap warga Transmigran yang tersebar di seluruh wilayah Republik Indonesia menghadapi tahun politik serta berperan aktif mendukung IKN Nusantara.


Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS)  yang dilaksanakan di Pontianak itu dihadiri 432 peserta yang terdiri dari perwakilan DPD (Dewan Pengurus Daerah) PATRI se Indonesia, perwakilan mahasiswa, wakil legislatif dan eksekutif yang berasal dari anak Transmigran, awak media, dan DPC PATRI Kabupaten se Kalimantan Barat.


“PATRI agar makin aktif ambil bagian penyelesaian kasus tanah Transmigrasi. Mendorong usulan Hari Transmigrasi Nasional, pembentukan badan otonom, sayap-organisasi, kemandirian pangan, energi, dan penguatan jejaring organisasi hingga ranting,” ujar Hasprabu.


Dalam kaitan menyambut PEMILU 2024, agar PATRI turut menjaga kondusifitas daerah. Suhu politik mulai menghangat, kader PATRI agar bersinergi dengan pihak terkait.


Dalam sambutannya Ketum DPP PATRI ini juga mengingatkan pentingnya menjaga jiwa korsa warga Transmigrasi dan Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI)  yang disebutnya sebagai anak buruh tambang suara.


"Saya pesan Puluhan juta anak buruh tambang suara yang ada di legislatif, eksekutif, dan profesi lainnya fokus pada 2024. Kebanggaan sebagai anak keturunan pelopor pembangun dan perekat bangsa harus dibuktikan secara nyata," ujarnya.


Ditambahkan, tahun 2024 ini akan terjadi regenerasi kepemimpinan. Karena itu, pembentukan DPD PATRI dari daerah pengirim perlu dipercepat. Sehingga Gerakan Nasional Transmigrasi sebagai unsur pembangkit semangat membangun daerah dan merekatkan anak bangsa makin terasa manfaatnya.


Sebelum acara penutupan, Sekretasis Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI), Sutrisno membacakan 11 butir rekomendasi hasil Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS).

 

"Setelah memperhatikan masukan narasumber dari Kementerian ATR BPN, Ditjen Transmigrasi, Dewan Sumberdaya Air Nasional (DSDN), Akademisi, dan perwakilan DPD PATRI, disampaikan rekomendasi sebagai berikut," ujarnya.


Beberapa butir rekomendasi diantaranya: PATRI agar pro-aktif mendukung IKN Nusantara. Karena lokasi tersebut berada di tengah permukiman transmigrasi Sepaku, Kalimantan Timur. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update