Notification

×

Dukung Pengembangan Diri Pelaku Usaha Pemula, Fomeka, Bersama Dinas Koperasi, UKM Dan Polda Kalbar Bersinergi Lakukan Ini

Kamis, 20 Oktober 2022 | 06.47 WIB Last Updated 2022-10-20T13:47:08Z
Pelatihan kewirausahaan Dukung Pengembangan Diri Pelaku Usaha Pemula

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - DPD Forum Musyawarah Ekonomi Kerakyatan (Fomeka) Kalbar bersinergis dengan Dinas Koperasi dan UKM, dan Polda Kalbar mendukung pemerintah menanggapi beberapa isu ekonomi yang terjadi baik secara nasional maupun di wilayah Provinsi Kalbar dengan melakukan langkah berupa kegiatan Pelatihan kewirausahaan.

 

Kegiatan pelatihan untuk pelaku usaha pemula melalui tema "penguatan pemulihan ekonomi mikro kreatif berbasis budaya dan teknologi menuju Indonesia hebat", yang dihelat di Aula Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar.

 

Selain kegiatan Pembekalan, Pelatihan untuk pelaku usaha pemula, DPD Fomeka juga memberikan bantuan bahan-bahan baku olahan makanan ringan dan olahan kerajinan tangan kepada seluruh peserta.

 

Kegiatan yang dilaksanakan DPD Fomeka tentunya tidak terlepas dari dukungan dari pihak Polda Kalbar maupun Pemprov Kalbar melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar.

 

Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar, Drs Junaidi MM. Yang dalam sambutannya sangat apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh DPD Fomeka Kalbar.

 

Dan berhara[ melalui kegiatan tersebut kedepannya dapat terus menjalin kerja sama sebagai mitra kerja Dinas Koperasi UMK dalam mengembangkan UMKM yang ada di Kalbar.

 

Untuk mendukung kegiatan tersebut Dinas Koperasi UMK Kalbar memberikan materi dan pembekalan pelatihan kepada peserta pelaku usaha pemula yang telah dan akan di rekrut menjadi anggota DPD Fomeka Kalbar.

 

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPD Fomeka Kalbar, Eman Saputra menyampaikan bahwa sasaran peserta yang mengikuti pembekalan dan pelatihan terdari hasil rekrutan DPD Fomeka yang dinilai belum memiliki usaha atau kesulitan dalam melakukan usaha mikro yang kita anggap sebagai pelaku usaha pemula.

 

Menurutnya, tujuan DPD Fomeka melaksanakan kegiatan pembekalan sekaligus pelatihan dan penyerahan bantuan usaha adalah untuk memberikan motivasi kepada pelaku usaha pemula.

 

"Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan bagimana memanfaatkan bahan-bahan yang sederhanan, fasilitas teknologi yang terbatas bisa diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual. Dan diminati oleh masyarakat luas, kemudian kegiatan ini juga bertujuan menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahtraan keluarga, dan mengurangi angka kemiskinan," katanya.

 

Saat ini Fomeka Kalbar telah memiliki kepengurusan di 8 Kabupaten dan kota Se Provinsi Kalbar.

 

Kedepan akan terus mengembangkan di 14 Kabupaten dan Kota, kemudian DPD Fomeka Kalbar juga telah memiliki gerai Rumah Oleh-Oleh Fomeka yang beralamat di Jalan Kom Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat.

 

Rumah Oleh-Oleh Fomeka ini sebagai  wadah bagi seluruh aggota untuk memasarkan produknya, karena seluruh anggota Fomeka adalah pelaku UMKM.

 

"Fomeka akan terus konsisten dalam memajukan, menumbuhkan dan mengembangkan usaha dalam rangka membangun perekonomian nasional yang kuat menuju indonesia hebat berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan," jelas Ketua DPD Fomeka Kalbar, Eman Saputra. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update