Notification

×

Akibat Terhempas Gelombang Besar Sampan Katonya Terbalik, Motoris Hilang Dan Diduga Tenggelam

Jumat, 28 Oktober 2022 | 05.25 WIB Last Updated 2022-10-28T12:25:39Z
Akibat Terhempas Gelombang Besar Sampan Katonya Terbalik

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) – Seorang Motoris atau pengemudi Motor Sampan Kato dikabarkan hilang setelah satu unit sampan kato yang dikemudikannya untuk mengangkut 15 Santri terbalik di Sungai Kapuas, tepatnya di belakang PT. Bahari Mas Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya pada  Jumat (28 Oktober 2022).


Peristiwa ini bermula pada sekira jam 09.30 Wib, sampan kato yang digunakan untuk mengangkut 15 Santri yang dikemudikan Yopi (29) sang Motoris sampan kato hilang kendali dan tenggelam di sungai kapuas dan samapai saat berita ini diturunkan pihak kepolisian dan Basarnas masih melakukan pencarian.


Hal tersebut diceritakan pengurus pesantren Mazhahirul Haq, Hamzah Umar, Ia mengatakan sampan Kato yang membawa santri tersebut terhempas akibat gelombang besar speedboat dari arah Pontianak menuju Kubu Raya sehingga terbalik dan tenggelam.


"Kejadian berawal ketika sampan kato mengangkut 15 orang santri Mazhahirul Haq yang di motoris Yopi, terhempas akibat gelombang besar speedboat dari arah Pontianak menuju Kubu Raya, sehingga terbalik dan tenggelam,” ungkap Hamzah Umar.


Pengurus pesantren Mazhahirul Haq, Hamzah Umar menambahkan ketika sampan Kato itu oleng dan tenggelam, Yopi berusaha menyelamatkan para santri, namun setelah itu malah Yopi tidak kelihatan lagi.


“Saya lihat kato itu oleng dan karam, selanjutnya Yopi berusaha menolong 15 santri yang tercebur ke sungai, namun setelah itu yang bersangkutan hilang,” jelasnya


Sementara itu Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aipda Ade Surdiansyah, membenarkan kejadian tersebut, Ade mengatakan berdasarkan laporan yang diterima Polres Kubu Raya, Sampan Kato tersebut mengangkut penumpang sebanyak 16 orang dengan perincian, 2 orang anak laki-laki, 4 orang anak perempuan, 8 orang perempuan dewasa, 2 orang laki-laki dewasa yang salah satunya Yopi motoris sampan kato.


Aipda Ade Surdiansyah mengatakan Sampan Kato tersebut karam akibat terhempas gelombang besar dan Motoris yang bernama Yopi belum diketemukan, sementara 15 orang santriwati Mazhahirul Haq selamat dan tidak mendapatkan luka-luka akibat kejadian tersebut.


“Kejadian tersebut memang benar, menurut saksi, mata kato yang dikemudikan Yopi dengan mengangkut 15 orang santriwati karam akibat terhempas gelombang speedboat dari arah Pontianak menuju Kubu Raya,” jelasnya.


Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya menjelaskan saat ini Tim Gabungan masih terus melakukan pencarian, yakni dari Dit Pol Air Polda Kalbar, Dit Samapta Polda Kalbar, Den Gegana Brimobda Polda Kalbar, Polres Kubu Raya dan Basarnas Kabupaten Kubu Raya. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update