Notification

×

Pengurus Lembaga Pengembangan Dan Pembinaan Pesparani Katolik Kecamatan Sepauk Resmi Terbentuk

Jumat, 30 September 2022 | 09.36 WIB Last Updated 2022-09-30T16:36:44Z
Pengurus LP3K Kecamatan Sepauk Resmi Terbentuk

PONTIANAKNEWS.COM (SINTANG) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menyampaikan pesan menjadi pengurus LP3K jangan menjadi beban. Tetapi pengabdian kepada gereja dan bangsa, Hal itu disampaikanya pada saat menghadiri Pelantikan Pengurus Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Pesparani Katolik (LP3K) Kecamatan Sepauk di Gedung Serbaguna Langkau Kita pada Senin (26 September 2022) lalu.

 

Hadir juga pada kegiatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Sintang Agrianus dan Nekodemus, Paulinus Staf Ahli Bupati Sintang, anggota Forkopimcam, Bimas Katolik Kementerian Agama Kabupaten Sintang dan tokoh masyarakat Kecamatan Sepauk.

 

Pelantikan Pengurus LP3K Kecamatan Sepauk dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Camat Sepauk Nomor 32 Tahun 2022 tentang Pembentukan Pengurus LP3K Kecamatan Sepauk Periode 2022-2026.

 

Camat Sepauk Inu, S. Sos, M. Si melantik Yohanes Janti sebagai Ketua LP3K Kecamatan Sepauk bersama jajaran pengurus lainnya. Selain itu, pengurus juga diberkati oleh Romo Carolus Adi Nugroho, OMI Pastor pada Paroki Santo Petrus dan Andreas Sepauk.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menyampaikan pelantikan hari ini langkah awal bagi umat Katolik di Kecamatan Sepauk untuk mengembangkan musik gereja dan kegiatan lain.

 

"Menjadi pengurus LP3K jangan menjadi beban, tetapi pengabdian kepada gereja dan bangsa. Kabupaten Sintang juga mewakili Kalimantan Barat untuk mengikuti Pesparani Tingkat Nasional di Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur pada akhir Oktober 2022 nanti untuk  tiga jenis perlombaan yakni Lomba Mazmur Dewasa, Cerdas Cermat Anak dan Paduan Suara Gregorian Putra Dewasa," terang Yosepha Hasnah.

 

Yosepha Hasnah juga minta LP3K Kecamatan Sepauk mulai menyiapkan diri untuk mengikuti Pesparani Tingkat Kabupaten Sintang dan bisa mewakili Sintang pada pelaksanaan Pesparani Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Landak mendatang.

 

Sementara itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Agrianus Anggota DPRD Kabupaten Sintang menyampaikan harapan kepada Pengurus Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Pesparani Katolik (LP3K) Kecamatan Sepauk untuk tidak hanya mengembangkan musik gereja saja tetapi juga kegiatan lainnya.

 

"Lomba dalam Pesparani itu cukup banyak dan itu bisa mulai dilakukan persiapan oleh LP3K Kecamatan Sepauk. Anggota DPRD Kabupaten Sintang siap berdiskusi dan membantu pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan oleh LP3K Kabupaten Sintang," terang Agrianus.

 

Ditempat yang sama Wakil Ketua I LP3K Kabupaten Sintang, Hendrika menyampaikan bahwa pengurus LP3K Kecamatan Sepauk yang berjumlah 75 0rang akan menjadi kekuatan untuk Kecamatan Sepauk dalam mengembangkan musik gereja.

 

"Sejak 2016 yang lalu, Kementerian Agama Republik Indonesia sudah memberikan perintah agar pusat dan daerah untuk segera membentuk LP3K. Kabupaten Sintang sejak tahun 2018 sudah membentuk LP3K Kabupaten Sintang. Dan hingga hari ini, masih ada 2 kecamatan yang belum membentuk pengurus LP3K. Kami akan terus berupaya agar dua kecamatan ini juga bisa membentuk pengurus LP3K," terang Hendrika.

 

Hendrika menyebut LP3K Kabupaten Sintang akan segera melaksanakan lomba Pesparawi tingkat kabupaten dan yang menang akan mewakili Kabupaten Sintang untuk mengikuti Pesparani Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Ngabang Kabupaten Landak Tahun 2023 mendatang.

 

“Maka LP3K Kecamatan Sepauk saya harapkan segera lakukan seleksi di tingkat kecamatan," terang Hendrika.

 

Sementara itu Camat Sepauk, Inu menceritakan proses pembentukan Pengurus Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Pesparani Katolik (LP3K) Kecamatan Sepauk yang memang belum terbentuk dan masuk kategori terlambat dalam membentuk pengurus.

 

"Jumlah umat Katolik di Kecamatan Sepauk ini sangat banyak. Tetapi saat itu belum terbentuk pengurus LP3K. Maka saya sangat semangat dalam membentuk kepengurusan LP3K Kecamatan Sepauk. Saya mohon maaf, dalam membentuk pengurus LP3K ini, ada banyak hal yang kurang berkenan," terang Inu.

 

Camat Sepauk ini mengatakan 75 orang para pengurus sudah mewakili Stasi yang ada dan merupakan orang yang layak serta siap mengembangkan musik gereja di Kecamatan Sepauk.

 

“Mari kita bekerja dengan baik. Jangan hanya sekedar nama saja yang masuk pengurus tetapi semangat dalam menjalankan organisasi ini. Bagi saya, organisasi LP3K ini sebuah pohon yang besar karena cabangnya ada dimana. Maka saya harapkan pohon ini bisa berbuah dan buahnya bisa dinikmati banyak orang," ajak Inu.

 

Romo Carolus Adi Nugroho, OMI Pastor Paroki Santo Petrus dan Andreas Sepauk mengajak umat untuk mengembangkan musik gereja di Kecamatan Sepauk melalui berbagai kegiatan.

 

"Di Paroki Sepauk ini ada 85 stasi dengan jarak yang jauh, sehingga proses diskusi pembentukan pengurus LP3K Kecamatan Sepauk sangat lama. Pak Camat Sepauk juga terus menerus mengingatkan kami untuk tetap semangat untuk membentuk pengurus LP3K Kecamatan Sepauk. Kami memiliki banyak potensi dalam pengembangan musik gereja dan kami harap ada kegiatan perlombaan musik gereja di masa depan." harap Romo Carolus Adi Nugroho, OMI.

 

Yohanes Janti Ketua LP3K Kecamatan Sepauk menyampaikan proses pemberian pengurus LP3K Kecamatan Sepauk memang sudah melalui proses yang cukup panjang sampai terbentuk dan dilantik.

 

"Camat Sepauk terus mendorong Dewan Pastoral Paroki Sepauk untuk membentuk pengurus LP3K Kecamatan Sepauk. Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan dorongan semua pihak sehingga akhirnya terbentuk," terang Yohanes Janti. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update