Notification

×

Hadiri Rakor Data Pemilih Berkelanjutan Bersama Komisi Pemilihan Umum, Kabag Ops Polres Kubu Raya Sampaikan Hal Ini

Jumat, 30 September 2022 | 21.36 WIB Last Updated 2022-10-01T04:36:15Z

Haduri Rakor Bersama Komisi Pemilihan Umum 


PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) – Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Kubu Raya, AKP Dwi Dyo Priyantoro ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya tentang Data Pemilih Berkelanjutan Priode Triwulan III Tahun 2022 di Hotel Orchardz Ayani Jalan Perdana, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak pada hari Jumat. (30 September 2022).

 

Rapat Koordinasi (Rakor) dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi, S.Pd.SD., yang diikuti juga oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis Pemdes) Kabupaten Kubu Raya Drs. Jakariansyah, M.Si, Kadis Dukcapil Kabupaten Kubu Raya Ir. Nurmarini, M.Si, Bawaslu Kubu Raya, Mursyid Hidayat, Plt. Kasi Binapi Lapas Kelas II Pontianak, Suripto, Perwakilan Partai Politik dan Para Staff dan anggota KPU Kabupaten Kubu Raya.

 

Dalam kata sambutannya Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi, S.Pd.SD., mengatakan KPU berkewajiban untuk memutahirkan data Pemilih dan sumber data yang didapat dari dukcapil atau pihak lainnya inilah yang akan dilakukan pemutakhiran.

 

Rakor DPTB periode bulan september ini, merupakan Rakor terakhir sampai nanti penentuan DPS dan DPT Pemilu 2024, namun nanti Pemerintah akan menurunkan DP4 dari Kemendagri yang akan disinkronisasikan dengan data dari KPU yang mana akan menghasilkan daftar pemilih tetap Pemilu 2024.

 

“Perlu masukan masukan untuk kami, sehingga kedepan tidak ada lagi warga Kubu Raya tidak memiliki hak pilih pada pemilu tahun 2024, Agar para stakeholder yang ada dapat memberikan masukan kepada KPU Kubu Raya, agar kedepannya dapat menjadi bahan evaluasi kinerja KPU serta dapat menyukseskan Pemilu tahun 2024,” terang Karyadi.

 

Karyadi menjelaskan KPU memiliki aplikasi khusus untuk Pemilu yaitu aplikasi Lindungi Hakmu, DPB setiap bulannya ada juga mengalami kenaikan dan ada juga mengalami penurunan.

 

“Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, yakni pemilih yang keluar ke Kabupaten lain, atau pemilih yang masuk dari Kabupaten lain, TNI-Polri yang Pensiun dan masyarakat yang sudah masuk usia pemilih,” ungkapnya.

 

Karyadi mengatakan dari Bidang Data KPU Kabupaten Kubu Raya hasil rekapitulasi data pemilih berkelanjutan data terakhir sebanyak 446.152 (Empat Ratus Empat Puluh Enam Ribu Seratus Lima Puluh Dua) Pemilih dengan rincian Laki-laki berjumlah 225.720 Pemilih dan Pemilih Perempuan berjumlah 220.432 Pemilih.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kabupaten Kubu Raya Ir. Nurmarini, M.Si., mengatakan harapannya pada rapat koordinasi (Rakor) Data Pemilih Berkelanjutan Priode Triwulan III Tahun 2022  bisa menghasilkan data yang jauh lebih berkualitas, Ia juga menjelaskan bahwa KPU telah bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil sehingga data yang dihasilkan sama dengan data Dukcapil.

 

“Perekaman KTP di Kabupaten Kubu Raya saat ini sudah mencapai 99,58 persen, untuk 6 Desa pemekaran baru, kami masih menunggu jumlah RT dan RW guna dimasukan dalam aplikasi SIAP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sampai saat ini kami telah melakukan verifikasi kelapangan untuk menyinkronkan terkait data pemilih yang telah disampaikan oleh KPU Kubu Raya terkait data pemilih yang telah meninggal dunia,” ungkapnya.

 

Hal senada pun dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis Pemdes) Kabupaten Kubu Raya, Drs. Jakariansyah, M.Si, Ia menjelaskan bahwa sejak tanggal 6 Agustus 2022 Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah menetapkan Peraturan Daerah (Perda) terkait 6 nomor induk Desa Baru dan diserahkan kepada Desa baru pada tanggal 17 Agustus 2022.

 

“Dengan adanya penambahan 6 Desa Baru tersebut maka jumlah Desa di Kabupaten Kubu Raya saat ini menjadi 123 Desa, adapun 6 Desa tersebut terdapat di Kecamatan Sungai Raya,  Kecamatan Sungai Ambawang, Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Kuala Mandor B 1 dan untuk saat ini untuk 6 Desa tersebut masih dalam penataan RT dan RW,” terangnya.

 

Dalam penyampaiannya Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Kubu Raya, AKP Dwi Dyo Priyantoro mengatakan bahwa Polres Kubu Raya siap mendukung pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024 ini.

 

“Polres Kubu Raya selalu siap menjaga situasi Kamtibmas selama tahapan sampai pelaksanaan Pemilihan dan mendukung tahapan Pemilu tahun 2024 serta siap menurunkan personil dalam pelaksanaan baik Pilkades maupun Pemilu tahun 2024,” tegas Kabag Ops Polres Kubu Raya. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update