Notification

×

Iklan


 

Program Perlindungan Dari Serangan Siber Bagi Jurnalis Dan Aktivis HAM

Kamis, 04 Agustus 2022 | 20.08 WIB Last Updated 2022-08-05T03:08:34Z
Program Perlindungan Dari Serangan Siber Bagi Jurnalis Dan Aktivis HAM

PONTIANAKNEWS.COM (JAKARTA) - Saat ini hampir semoga profesi pekerjaan menyimpan data pribadi, pekerjaan, dan informasi sensitif secara online karena kemudahan akses yang ditawarkan. Semua orang pastinya ingin memastikan informasi yang disimpannya secara online tetap aman. Namun, tidak bisa dipungkiri, para pengguna internet masih harus sangat berhati-hati dengan opnum tidak bertanggung jawab yang siap mengintai dan mencuri data pribadi.

 

Contohnya profesi Jurnalis dan aktivis HAM, mereka memiliki risiko yang tinggi untuk menjadi target serangan siber (online) karena memiliki visibilitas tinggi dan menyimpan informasi sensitif. Oleh karenanya, Google memiliki Program Perlindungan Lanjutan (Advanced Protection Program) dimana program ini dapat dimanfaatkan sebagai perlindungan baru yang bisa ditambahkan secara otomatis untuk melindungi informasi diri dari berbagai macam ancaman siber saat ini.

 

Lalu bagaimana Program Perlindungan Lanjutan ini bekerja untuk mengamankan Anda dari serangan siber?

 

1. Mencegah akses yang tidak sah masuk ke akun Google Anda

 

Taktik phishing yang canggih dapat mengelabui pengguna yang paling melek teknologi sekalipun untuk memberikan kredensial login mereka kepada opnum penyerang siber.

 

Dengan mendaftar Perlindungan Lanjutan, Anda diharuskan untuk menggunakan kunci keamanan yang merupakan hardware atau software khusus di ponsel. Kunci keamanan ini digunakan untuk memverifikasi identitas Anda ketika login ke akun Google Anda.

 

Pengguna yang tidak sah tidak akan dapat login tanpa kunci keamanan Anda, meskipun mereka memiliki nama pengguna dan sandi Anda.

 

2. Memberikan Perlindungan Tambahan Dari Aktivitas Download Yang Berbahaya

 

Penyerang siber akan menggunakan banyak strategi untuk membuat Anda mendownload software berbahaya, atau malware, dari web ke perangkat Anda.

 

Perlindungan dari malware sudah disertakan di Google Chrome, tetapi Perlindungan Lanjutan akan melakukan pemeriksaan yang lebih ketat lagi terhadap setiap aktivitas download terdeteksi. Perlindungan Lanjutan akan menandai, bahkan mencegah Anda mendownload file yang mungkin berbahaya. Di ponsel Android Anda, hanya penginstalan aplikasi dari app store yang terverifikasi, seperti Google Play Store dan app store produsen perangkat Anda, yang diperbolehkan.

 

3. Menjaga Keamanan Informasi Pribadi Anda

 

Saat Anda mendaftar ke aplikasi atau layanan baru, Anda sering diminta untuk memberikan akses ke informasi di Akun Google Anda, seperti kontak, lokasi, kalender, atau file Drive. Biasanya hal ini tidak menimbulkan risiko, tetapi beberapa penyerang siber bisa meniru layanan pihak ketiga yang sah untuk mendapatkan akses ke akun Anda. Untuk mencegah hal ini, Perlindungan Lanjutan hanya mengizinkan aplikasi Google dan aplikasi pihak ketiga terverifikasi untuk mengakses data Akun Google Anda dan hanya dengan izin Anda.

 

Tunggu apa lagi, segera daftar di sini dan gunakan Program Perlindungan Lanjutan sekarang juga agar keamanan informasi Anda di tempat kerja tetap terlindungi. Ada dua cara untuk mendaftar (cara pertama paling direkomendasikan):

 

1. Menggunakan Kunci Keamanan Bawaan Ponsel Anda

 

Android: Dengan ponsel Android 7.0 atau yang lebih baru, Anda dapat mendaftar dalam beberapa ketuk saja dengan mendaftarkan kunci keamanan bawaan ponsel Anda.

 

iPhone: Jika Anda memiliki iPhone yang menjalankan iOS 10.0 atau yang lebih baru, instal Google Smart Lock untuk mendaftarkan kunci keamanan Anda terlebih dahulu, lalu daftar.

 

2. Menggunakan Kunci Fisik

 

Untuk menggunakan kunci fisik, Anda bisa membeli Kunci Keamanan Titan atau kunci keamanan yang sesuai dengan FIDO untuk mendaftar. Sebaiknya Anda memiliki dua – satu sebagai kunci utama, dan satu lagi sebagai cadangan.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait program ini, Anda bisa membaca informasi daftar pertanyaan umum (FAQ) tentang Program Perlindungan Lanjutan di sini.

 

Siapa yang harus mendaftar ke Program Perlindungan Lanjutan?

 

Orang-orang yang akunnya berisi file yang sangat berharga atau informasi sensitif harus mempertimbangkan untuk mendaftar ke Perlindungan Lanjutan. Google sangat menyarankan jurnalis, aktivis, eksekutif bisnis, dan orang-orang yang terlibat dalam pemilu untuk mendaftar.

Saya memiliki lebih dari satu akun. Mana yang harus saya daftarkan?

 

Jika Anda berisiko tinggi mengalami serangan online bertarget, sebaiknya daftarkan akun kerja dan pribadi Anda, bahkan mungkin akun anggota keluarga Anda.

 

Saya memiliki Akun G Suite. Bisakah saya mendaftar?

 

Jika Anda memiliki Akun G Suite (Akun Google organisasi), Anda dapat mendaftarkannya secara terpisah dengan persetujuan admin. Mulai proses pendaftaran untuk melihat apakah admin Anda telah mengaktifkan Perlindungan Lanjutan. Jika belum, hubungi admin Anda secara langsung.

 

Saya adalah admin G Suite untuk tim atau organisasi. Bisakah saya mendaftarkan semua orang?

Ya. Sebaiknya Anda mendaftarkan semua akun di organisasi mana pun yang mungkin menjadi target, seperti kampanye; kelompok politik, jurnalis, atau aktivis; atau organisasi terkait pemilihan.


Berapa biaya Perlindungan Lanjutan?

 

Program Perlindungan Lanjutan adalah layanan gratis. Namun, Anda mungkin perlu membeli kunci keamanan jika belum memilikinya.

 

Apakah saya memerlukan hardware atau software khusus?

 

Ya, sebaiknya Anda memiliki dua kunci keamanan. Anda dapat menggunakan kunci bawaan ponsel Anda sebagai salah satunya. Anda harus memiliki setidaknya satu kunci keamanan saat  mendaftar.

 

Jika ponsel Anda menjalankan Android 7 atau lebih baru, atau iOS 10.0 atau lebih baru dengan aplikasi Google Smart Lock, Anda dapat menggunakan kunci keamanan bawaan ponsel sebagai kunci utama Anda. Tidak ada biaya tambahan untuk menggunakannya. Anda juga harus membeli kunci fisik eksternal sebagai cadangan.

 

Jika ponsel Anda tidak dapat digunakan sebagai kunci keamanan, Anda perlu membeli kunci fisik sebelum mendaftar untuk Perlindungan Lanjutan. Anda tetap harus memesan kunci keamanan fisik kedua sebagai cadangan.

 

Harga kunci keamanan bervariasi menurut model. Anda bisa membeli Kunci Keamanan Titan dari Google atau kunci apa pun yang mendukung standar terbuka FIDO. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk melihat kunci yang direkomendasikan ketika mendaftar.

 

Adakah yang harus saya siapkan sebelum mendaftar?

 

Ya. Tambahkan email dan nomor telepon ke Akun Google Anda, agar mudah dipulihkan jika akun Anda terkunci.

 

Pengguna iPhone

 

Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Google Smart Lock. Anda akan membutuhkannya saat mendaftar.

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah di Akun Google Anda. Apa yang akan saya dapatkan setelah saya mendaftar? Apa yang akan berbeda?

 

Sebagian besar aktivitas akun Anda sehari-hari tidak akan terasa berbeda.

 

Perubahan terbesar adalah bahwa salah satu kunci keamanan Anda akan diperlukan ketika Anda login ke akun di perangkat baru (atau login ke ponsel setelah logout).

 

Kunci keamanan yang paling nyaman digunakan adalah kunci bawaan ponsel Anda.

 

Anda mungkin akan menerima lebih banyak pemberitahuan atau peringatan sebelum mendownload file atau menginstal aplikasi. Perlindungan yang kuat dari malware dipasang di semua produk Google, seperti Google Play Store dan Google Chrome, tetapi Perlindungan Lanjutan melakukan pemeriksaan yang bahkan lebih ketat lagi.

 

Sejumlah fitur keamanan akun yang opsional akan secara otomatis diaktifkan dan tidak bisa dinonaktifkan untuk akun Anda.

 

Apa itu kunci keamanan dan bagaimana cara mendapatkannya? Berapa banyak yang saya butuhkan?

 

Kunci keamanan dapat berupa kunci bawaan ponsel Anda, atau dapat berupa kunci fisik eksternal, seperti yang Anda miliki untuk rumah atau mobil. Entah itu ponsel atau kunci fisik eksternal, Anda memiliki benda yang kecil kemungkinannya untuk diambil oleh peretas, meskipun jika mereka mengetahui sandi Anda.

 

Perlindungan Lanjutan mewajibkan penggunaan kunci keamanan saat Anda login ke akun di perangkat baru (atau di ponsel jika Anda logout, lalu login kembali). Akun yang mewajibkan kunci jauh lebih aman dari serangan daripada akun yang hanya mewajibkan sandi.

 

Anda memerlukan setidaknya satu kunci keamanan untuk mendaftar ke Perlindungan

Lanjutan, dan kami sangat menyarankan untuk menambahkan kunci kedua sebagai cadangan selama, atau segera setelah pendaftaran.

 

Kunci keamanan bawaan ponsel Anda

 

Kunci keamanan yang paling nyaman digunakan adalah kunci bawaan ponsel Anda — software yang memungkinkan ponsel Anda berfungsi sebagai kunci keamanan. Kami merekomendasikan ini sebagai kunci akun utama Anda.

 

Kunci bawaan ini dapat mendeteksi saat perangkat yang Anda gunakan untuk login ada di sekitar, yang berarti kemungkinan Anda yang login. Pengguna yang tidak sah mungkin bisa mendapatkan sandi Anda, tetapi kecil kemungkinan mereka memiliki ponsel Anda di sekitar, ketika mereka mencoba login ke akun Anda dari perangkat lain.

 

Kunci fisik eksternal

 

Kunci kedua Anda, yang menjadi kunci cadangan, adalah kunci eksternal. Kunci ini akan mencegah Anda terkunci dari akun Anda jika kehilangan ponsel (atau kunci utama lainnya).

 

Ada berbagai macam kunci eksternal. Anda dapat menghubungkan kunci USB ke ponsel Anda untuk login, menyiapkan kunci Bluetooth di dekat Anda, atau menyiapkan kunci NFC di dekat ponsel Anda saat login.

 

Anda bisa membeli Kunci Keamanan Titan dari Google atau kunci apa pun yang mendukung standar terbuka FIDO. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk melihat kunci yang direkomendasikan ketika mendaftar.

Jika Anda tidak memiliki ponsel yang menjalankan Android 7 atau yang lebih baru, atau iOS 10.0 atau yang lebih baru, Anda tidak akan dapat menggunakan ponsel sebagai salah satu kunci keamanan Anda. Anda perlu membeli kunci eksternal sebagai kunci utama untuk mendaftar. Anda masih harus memesan kunci kedua sebagai cadangan.

 

Apakah saya harus selalu membawa kunci keamanan ke mana pun? Bagaimana jika

saya menghilangkannya? Anda memerlukan kunci keamanan untuk login ke Akun Google di perangkat baru, atau jika Anda logout dari akun di ponsel dan kemudian harus login kembali. Ini mungkin tidak sering terjadi, tetapi sebaiknya Anda memiliki kunci Anda ketika hal itu terjadi. Ingatlah untuk membawanya saat Anda bepergian.

 

Jika Anda kehilangan kunci dan masih login di salah satu perangkat Anda, buka account.google.com untuk menambahkan atau mengganti kunci. Jika tidak, kirimkan permintaan untuk memulihkan akun Anda. Google mungkin membutuhkan waktu beberapa hari untuk memverifikasi bahwa yang meminta benar-benar Anda dan memulihkan akses Anda. (tim liputan).

 

Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update