Notification

×

Iklan


 

Raja Kubu Siapkan Kiblat Masjid Sy Alwi Idrus Hidayatul Mursalah

Jumat, 15 Juli 2022 | 16.29 WIB Last Updated 2022-07-15T23:29:48Z
Raja Kubu Siapkan Kiblat Masjid  Sy Alwi Idrus Hidayatul Mursalah 

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) - Perwakilan Kemenag Wilayah Kalbar beserta Raja Kubu Sy. Ibrahim Bin Nyoh berikut keluarga besar  kerajaan dan warga  melakukan  pencarian  arah kiblat untuk masjid yang akan dipugar di Desa Kubu Kecamatan Kubu Raya pada hari Kamis (15 Juli 2022).


Masjid  yang akan dipugar tersebut dinamakan Masjid Sy. Alwi Idrus Hidayatul Mursalah. 


Menurut  Perwakilan Kemenag Kalbar Jemaat M.Si, alat yang digunakan  untuk menentukan arah kiblat ini terdiri dari beberapa komponen. Diantaranya, theodolite, matahari, kompas suunito dan GPS MAP 60 Sx Garmin serta laptop. 


“Setelah diadakan pengukuran arah kiblat untuk Masjid Sy. Alwi Hidayatul Mursalah ini, jika diukur dari arah utara, timur, selaatan dan barat, arah kiblatnya adalah 292 derajat : 52 menit 08.01 detik,” jelas Jemaat  didampingi rekannya Suhaidir Saputra S,HI saat di lokasi. 


Jemaat lantas menjelaskan, Imam Syafii mengklasifikasikan kiblat menjadi tiga. Pertama,  Qiblat Yaqin,  qiblat ini untuk yang bisa menyaksikan langsung Ka’bah sehingga harus menghadap langsung ke ka’bah.


Dalam hal ini  juga disebut  ‘Ainul Ka’bah. Kedua, Qiblat Dzan, diperuntukkan bagi manusia di lingkungan tanah haram Makah yang bisa menyaksikan ka’bah sehingga menghadapnya ke masjidil haram atau disebut  jihadul ka’bah.


Ketiga, Qiblat Ijtihad, bagi manusia di luar tanah haram Makkah yang sama sekali tidak bisa menyaksikan langsung. Baik Masjidil Haram maupun Ka’bah. Sehingga meghadapnya ke tanah haram Makkah,dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan.  

          

Di kesempatan yang sama, Raja Sy Ibrahim  bin Nyoh menuturkan, sebelum ini masjid yang akan dibangun tersebut bernama Hidayatul Mursalah dan sudah berdiri sejak tahun 1959.


Namun untuk rencana pembangunan selanjutnya, masjid ini ditambah namanya menjadi  Masjid Sy Alwi Idrus Hidayatul Mursalah. Penambahan nama ini bertujuan untuk mengenang  jasa Sy. Alwi Idrus, yang telah membuka wilayah Sungai Ambawang. 


“Masjid Sy Alwi Idrus Hidayatul Mursalah ini akan di bangun di atas tanah seluas 15 x 15 Hektar. Semoga dalam pembangunannya nanti tidak ada kendala dan dapat didukung oleh seluruh masyarakat setempat,” harapnya. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update