Notification

×

Iklan

Syarif Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus Segera Jadi Raja Kubu

Selasa, 14 Juni 2022 | 10.51 WIB Last Updated 2022-06-14T17:51:47Z
Syarif Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) - Kerajaan Kubu Kabupaten Kubu Raya, segera eksis kembali setelah vakum beberapa tahun. Pengukuhan kerajaan ini akan menggelar penobatan pada 26 Juni 2022 mendatang dan mengukuhkan Syarif Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus sebagai Raja Kubu.  


Menurut Sy Ibrahim, Kerajaan Kubu bagian dari simbol untuk memperkokoh kelestarian sejarah, Adat dan budaya ditengah-tengah masyarakat Kubu, Juga  diniatkan untuk menyatukan keluarga besar dan mengangkat marwah Kerajaan Kubu dari zuriat Idrus bin Abdurrahman Al Idrus Raja Kubu Pertama.


Dari niat tersebut terbitlah hasil mufakat penyatuan Majelis wali Kerajaan  Kubu  10 Januari 2022. Dan titah majelis wali kerajaan kubu tanggal 12 mei 2022 yang Selanjutnya mengukuhkan kembali Kerajaan Kubu dan satu kepemimpinan  bergelar Satria Negara Yang Dipertuan Akbar Syarif Ibrahim bin Nyoh sebagai Raja Kubu.


“Selain itu, penobatan ini bertujuan memberikan pencerahan kepada masyarakat Kubu yang selama ini  mungkin merasa bingung terhadap dualisme kepemimpinan kerajaan Kubu yang terjadi pada tahun 2017,” ungkap Sy Ibrahim.


Semangat sebagian besar keluarga dan masyarakat ini harus kita kawan bersama dan menuju Houl dan Penobatan yang akan Insa Allah diselenggarakan pada tanggal 26 Juni 2022, Baik secara administrasi maupun teknis pelaksanaan.


“Acara ini akan kita langsungkan di Istana Kubu Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” imbuhnya.  


Masih penjelasan Ibrahim, pihaknya akan mengundang sejumlah pemangku kepentingan di Kabupaten Kubu Raya, keluarga kerajaan baik dari Kalbar Maupun Luar Kalbar seperti Keluarga besar dari Syahbamban dari Kalsel dari keturunan Pangeran Ali, juga Kalimatan Tengah  dan Serawak, Malasyia serta tokoh masyarakat di daerah setempat.


“Kami berharap, melalui penobatan ini, akan kembali bersatu di bawah satu  kepemipinannya. Penobatan ini juga harapnya akan menjadi bagian dari catatan sejarah daerah Kabupaten Kubu Raya,” pungkasnya. (BP).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update