Notification

×

Iklan

Sekda Kalbar Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Rabu, 01 Juni 2022 | 01.56 WIB Last Updated 2022-06-01T08:56:30Z
Sekda Kalbar Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., beserta beberapa Kepala Perangkat Daerah dengan memakai pakaian adat menghadiri Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022,  secara Virtual di Ruang Data Analisis Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jalan  Ahmad Yani Pontianak pada hari Rabu (1 Juni 2022).


Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 juga tampak dihadiri Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretaris Daerah  Provinsi Kalimantan Barat,  Drs. Junaidi, M.M., dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Hermanus, M.Si.


Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila  Tahun 2022 ini, Presiden Republik Indonesia,  Ir. H. Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara  yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Dalam amanatnya, Presiden H. Joko Widodo menyampaikan  bahwa Pancasila bukan hanya sebagai media pemersatu bangsa dan bernegara, tetapi Pancasila juga menjadi penuntun bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan persoalan.


"Ini juga sudah dibukukan berkali-kali dalam sejarah perjalanan bangsa dan bernegara bahwa kita tetap berdiri kokoh menjadi Negara kuat karena berlandaskan Pancasila," ucap H. Joko Widodo.


Selain itu, Presiden juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk benar-benar mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.


"Mari kita implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tata kelola pemerintahan serta interaksi antar sesama anak bangsa. Ini tugas kita bersama untuk menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia," ajak Presiden RI.


Seusai acara, Sekretaris Daerah Prov. Kalbar mengajak untuk mengenang kembali jasa Soekarno (Presiden RI Pertama) sebagai pencetus Pancasila yang berawal dari Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945.


"Jadi tugas kita sekarang adalah benar-benar harus membumikan nilai-nilai Pancasila untuk berdiri kokoh dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia," tegas dr. Harisson, M. Kes. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update