Notification

×

Iklan

Satgasres Binmas Kunjungi Suku Yali Hubla Ajak Ciptakan Dan Jaga Kamtibmas

Rabu, 01 Juni 2022 | 02.52 WIB Last Updated 2022-06-01T09:52:00Z
Satgasres Binmas Kunjungi Suku Yali Hubla Ajak Ciptakan Dan Jaga Kamtibmas

PONTIANAKNEWS.COM (YAHUKIMO) -  Tim satgasres Binmas Operasi Damai Cartenz-2022 yang dipimpin oleh Iptu Joni Linggi berkunjung ke kediaman Ebenius Amohoso Tokoh masyarakat suku Yali Hubla di perumahan Pemda Lama distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo Papua pada hari Selasa(31 Mei 2022).


Iptu Joni Linggi menjelaskan bahwa Satgas Binmas pada dasarnya merupakan segala kegiatan terencana dan berkesinambungan dalam rangka membina, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham dan taat kepada peraturan per-Undang-undangan dan norma-norma sosial lainnya serta berperan aktif dalam menciptakan, memelihara dan meningkatkan ketertiban dan keamanan swakarsa, sedangkan adalah suatu kondisi dimana unit sosial termasuk di dalamnya adalah warga masyarakat dengan segala fungsi dan posisinya dapat berperan sebagaimana ketentuan yang ada.


“Kamtibmas adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan dalam rangka tercapainnya satu tujuan yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum,” ungkapnya.


Iptu Joni Linggi juga mengatakan terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.


“Untuk mencapai hal tersebut, Satgasres Binmas Operasi Damai Cartenz-2022 membutuhkan mitra yang perlu diajak kerjasama dalam rangka mendukung terciptanya harkamtibmas," jelas Iptu Joni Linggi.


Ada beberapa hal yang perlu mendapat dukungan dari masyarakat guna mendukung terwujudnya kamtibmas yang kondusif, diantaranya berikan informasi kondisi kamtibmas yang terjadi di wilayahnya kepada aparat penegak hukum.


“Aktifkan kembali Siskamling guna mencegah kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas. Mengaktifkan kembali gerakan sadar hukum di masyarakat. Tingkatkan kerjasama dan komunikasi antara potensi masyarakat dengan aparat TNI atau Polri ditingkat Desa atau Kelurahan dalam antisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas sekaligus mencari solusinya," pungkasnya. (nn/tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update