Notification

×

Turnamen Sujiwo Cup Wujud Komitmen Majukan Olahraga Kalbar

Minggu, 29 Mei 2022 | 05.39 WIB Last Updated 2022-05-29T12:39:05Z
Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, SE,  M.Sos

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) - Kejuaraan sepakbola Sujiwo Cup seri kedua resmi dibuka pada Jumat (27/5/2022) sore di Lapangan Sepakbola Perkasa Makodam XII Tanjungpura. Pembukaan kejuaraan yang diikuti 100 tim dari berbagai daerah di Kalbar itu ditandai dengan tendangan pertama dari Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto dan Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo.


Dalam keterangannya kepada awak media, Sujiwo menjelaskan bahwa turnamen Sujiwo Cup ini diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan persepakbolaan daerah. Ia juga menginginkan agar turnamen bisa menjadi ajang untuk menyeleksi pesepakbola berbakat asal Kalimantan Barat.


“Berkaca pada seru pertama kemarin, tim kami melihat bahwasanya ada beberapa pemain yang dari kampung maupun di perkotaan yang ikut dalam kejuaraan ini ternyata bagus-bagus. Itulah sebabnya kami adakan lagi seri kedua ini meskipun belum genap setahun dari penyelenggaraan seri pertama, hanya berselang beberapa bulan. Melalui kejuaraan seperti ini kita melihat itu (pesepakbola berbakat). Kejuaraan ini merupakan proses mencetak prestasi,” tuturnya.


Menurut Sujiwo, kejuaraan ini terbilang cukup sukses menyedot animo tim-tim sepakbola asal Kalimantan Barat. Hal itu dibuktikan dari banyaknya tim yang berpartisipasi. Melihat tingginya animo tim sepakbola untuk turut serta dalam kejuaraan ini, Sujiwo pun berkeinginan untuk mengadakan kejuaraan berskala nasional pada penyelenggaraan Sujiwo Cup edisi ketiga kelak.


“Totalnya ada 100 klub yang ikut. Jadi, jumlahnya sangat luar biasa. Ada penambahan 40 tim dari edisi pertama yang hanya diikuti 60 tim. Itu pun kita batasi karena kalau tidak, tim yang ikut pasti lebih ramai sehingga memakan waktu lebih lama. Target kita ke depan, selain kita melirik pesepakbola lokal, kalau memang memenuhi syarat, Sujiwo Cup 3 nanti kita akan coba gelar secara nasional,” ucapnya.


Sementara itu, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengapresiasi kepedulian Wabup Sujiwo terhadap olahraga, terutama sepakbola. Ia pun berharap turnamen yang digelar di markasnya ini berhasil mengorbitkan pemain-pemain sepakbola andal yang mampu berkiprah hingga level nasional.


“Saya berterima kasih karena masih ada kelompok atau perorangan yang masih mau peduli terhadap olahraga. Tentunya Kodam yang memfasilitasi tempat siap untuk membantu sehingga turnamen ini dapat berjalan lancar sehingga hasilnya untuk kepentingan Kalbar. Kalau dia (pemain) lebih bagus, maka dia akan jadi pemain nasional,” ujarnya.


Di kesempatan yang sama, Mayjen Sulaiman turut menyampaikan komitmennya untuk ikut memajukan olahraga Kalimantan Barat. Sebagai bentuk komitmen tersebut, dirinya pun mempersilakan warga Kalbar untuk menggunakan fasilitas olahraga yang dimiliki oleh Kodam XII Tanjungpura.


“Tidak ada alasan bagi Kodam untuk tidak memberikan semua fasilitas ini. Silakan dimanfaatkan semaksimal mungkin kepada siapa saja di Kalbar ini untuk menggunakan fasilitas kami. Semuanya, baik di Kodam, Korem, Kodim, Rindam semua boleh dipakai,” pungkasnya.(tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update