Notification

×

Iklan

Pekan Gawai Dayak Kalbar Ke-36 Resmi dibuka Oleh Gubernur Kalbar

Sabtu, 21 Mei 2022 | 08.10 WIB Last Updated 2022-05-21T15:10:23Z
Pekan Gawai Dayak Kalbar Ke-36 Resmi dibuka Oleh Gubernur Kalbar

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Pekan Gawai Dayak ke-36 Kalimantan Barat dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., dengan dihadiri Ketua Komisi V DPR RI selaku Tokoh Dayak Nasional, Lasarus, S.Sos., M.Si., Anggota Komisi I DPRD Prov Kalbar selaku Tokoh Perempuan Dayak, Angeline Fremalco, S.H., Wali Kota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T., jajaran Forkopimda Prov Kalbar, serta beberapa Kepala Perangkat Daerah Di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Rumah Radakng pada hari Jumat (20 Mei 2022).


Dalam sambutanya Gubernur Sutarmidji mengatakan Pemerintah Provinsi Kalbar akan selalu mendukung event budaya tahunan ini karena Gawai Dayak sudah menjadi warisan budaya tak benda yang harus dilestarikan.


"Pekan Gawai Dayak sudah menjadi kalender event wisata tahunan Provinsi Kalbar yang harus selalu kita dukung. Saya mengucapkan terima kasih karena penyelenggaraan tahun ini sudah menyesuaikan dengan kondisi transisi dari pandemi ke endemi. Mudah-mudahan bisa menjadi endemi," kata H. Sutarmidji.


Event Pekan Gawai Dayak ke-36 ini menampilkan beberapa busana tradisional dan adat Suku Dayak Salako.


"Saya yakin ini sangat menarik dan sangat bagus. Kemudian, tanggal 1 Juni 2022 nanti saya akan me-launching corak pakaian busana Dayak Salako di Kota Singkawang," jelas Gubernur yang mengagumi busana Suku Dayak Salako.


Selain itu, Gubernur juga mengungkapkan tahun ini Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya Kota Pontianak, mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah event Kerjasama Sub Regional Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).


"Acara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 23-26 November 2022 dan kita harus menyelenggarakan pameran dagang (produk UMKM) untuk mempromosikan potensi-potensi Kalbar agar dilirik dan diminati para investor,"  ujar Gubernur.


Tidak hanya produk UMKM saja yang akan ditampilkan, tetapi kesenian Kalbar juga harus dipamerkan pada kegiatan tersebut.


"Selain Sumber Daya Alam yang ada di Kalbar, kesenian Kalbar dan sebagainya, juga harus ditampilkan. Kita harus mempersiapkan ini semua sebaik-baiknya," tutur H. Sutarmidji.


Setelah membuka kegiatan Pekan Gawai Dayak ke-36, Gubernur beserta jajaran Forkopimda Prov Kalbar meninjau produk UMKM yang ditampilkan oleh para pelaku UMKM. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update