Notification

×

Iklan

Cegah Wabah Penyakit TP PKK Kalbar Lakukan Bimtek PHBS

Rabu, 25 Mei 2022 | 04.30 WIB Last Updated 2022-05-25T11:30:48Z
Ketua TP PKK Prov Kalbar, Ny. Hj. Lismaryani,

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Untuk mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah masyarakat Kalimantan Barat, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Barat (TP PKK Prov Kalbar) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Rumah Sehat Layak Huni dan Tatalaksana Rumah Tangga serta Bantuan Perbaikan WC untuk Masyarakat yang WC-nya Tidak Layak Sehat, di Sekretariat TP PKK Prov Kalbar pada hari  Selasa (24 Mei 2022).


Bimtek ini bertujuan meningkatkan pengetahuan para kader TP PKK, baik di provinsi maupun kabupaten dan kota hingga desa atau kelurahan di seluruh Kalbar tentang pentingnya rumah sehat layak huni serta tatalaksana rumah tangga. Sehingga diharapkan keluarga yang tinggal di rumah tersebut dapat merasakan kenyamanan fisik maupun sosial keluarga.


Hal tersebut disampaikan Ny. Dra. Hilfira Hamid, Ketua Panitia yang juga merupakan Ketua Pokja III TP PKK Provinsi Kalimantan Barat pada saat kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Rumah Sehat Layak Huni dan Tatalaksana Rumah Tangga serta Bantuan Perbaikan WC untuk Masyarakat yang WC-nya Tidak Layak Sehat itu.


“Kegiatan ini diperuntukkan bagi kader TP PKK 14 kabupaten dan kota dan kader TP PKK desa atau kelurahan di Kalbar mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan sehat di lingkungan rumah,” ungkap Ny. Dra. Hilfira Hamid.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Prov Kalbar, Ny. Hj. Lismaryani, mengungkapkan selain mengadakan Bimtek, TP PKK Prov Kalbar juga menyerahkan bantuan berupa perlengkapan sanitasi atau jamban kepada 14 kabupaten atau kota agar PHBS dapat terwujud.


“Selain Bimtek, kami juga menyerahkan bantuan kloset jongkok di 14 kabupaten dan kota dimana 1 kabupaten dan kota mendapatkan 6 unit kloset jongkok dan 2 sak semen,” ungkap Ketua TP PKK Kalbar, Ny. Hj. Lismaryani.


Bimtek dan bantuan yang diserahkan kepada masyarakat Kalbar, terutama di wilayah pedesaan atau kelurahan, diharapkan bisa terbebas dari wabah penyakit yang diakibatkan buang air besar sembarangan.


“Saya juga menginginkan agar kegiatan ini berlanjut setiap tahun. Ini hanya sebagai pancingan agar kita mengadakan kegiatan yang sama supaya pemerintah kabupaten dan kota juga bisa memberikan bantuan seperti itu untuk masyarakatnya,” harap Hj. Lismaryani.

 

Menutup sambutan, Ketua TP PKK Prov Kalbar menegaskan seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kota harus menindaklanjuti kegiatan serupa di masing-masing wilayah. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update