Notification

×

Iklan

Pemkot Pontianak Gelar Lomba Kelurahan Dorong Ekonomi Yang Mandiri

Selasa, 26 April 2022 | 17.05 WIB Last Updated 2022-04-27T00:05:26Z
Ketua Penilaian Lomba Kelurahan, Multi Juto Bhatarendro

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Mendorong kemajuan dan kemandirian wilayah di tingkat kelurahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar lomba kelurahan. Lomba yang mengusung tema Kelurahan Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh itu akan diikuti setiap perwakilan dari tiap kecamatan di seluruh Kota Pontianak dan akan berlangsung dari 25, 26, 27 April, kemudian dilanjutkan dari tanggal 9, 10 hingga 11 Mei mendatang.

 

Ketua Penilaian Lomba Kelurahan, Multi Juto Bhatarendro menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sejalan dengan keinginan pemerintah pusat melalui Dirjen Bina Pemberdayaan Desa atau Kelurahan Kementerian Dalam Negeri yang dalam prosesnya dilakukan dengan berjenjang.

 

“Proses lomba kelurahan tetap berjenjang, dari tingkat kelurahan, kecamatan, kemudian kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional,” sebutnya di Kantor Camat Pontianak Kota pada hari Senin (25 April 2022).

 

Dengan tahap yang berjenjang itu diharapkan pembangunan di seluruh Indonesia menjadi merata. Multi juga menilai, melalui cara itu mampu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan suatu wilayah sampai swasembada.

 

“Artinya segala sesuatu bisa dikerjakan sendiri,” ujarnya yang juga menjabat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Pontianak.

 

Kelurahan Mariana menjadi yang pertama dinilai sebagai perwakilan Kecamatan Pontianak Kota. Terdapat tiga aspek yang dinilai dari tiap kelurahan. Ketiga aspek itu adalah Aspek Pemerintahan, Aspek Kewilayahan dan Aspek Pemberdayaan Masyarakat. Multi menambahkan, ketiga aspek tersebut harus terus tumbuh.

 

“Terutama aspek pemberdayaan masyarakat. Banyak hal-hal yang dapat dikembangkan untuk memberdayakan masyarakat,” ungkapnya.

 

Multi kemudian mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Camat Pontianak Kota dan pihak yang terlibat pada kegiatan tersebut. Dia menyebut Kelurahan Mariana sudah memiliki inovasi dan keunikan.

 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Camat Pontianak Kota dan seluruh jajarannya karena sudah terlibat pada pembinaan di wilayahnya,” sebut dia.

 

Menutup sambutannya, Multi menyampaikan pesan dari Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat memperingati Hari Kartini, 21 April lalu. Ia bilang, Wali Kota Edi menginginkan adanya keterlibatan perempuan pada pembangunan di setiap organisasi.

 

“Agar setiap kelurahan mempersiapkan wanita tangguh yang punya prestasi dari tiap-tiap bidang agar ditonjolkan prestasi tersebut,” tukasnya. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update