Notification

×

Warga Bersama Babinsa Sungai Kakap Lakukan Pemadamanan Kebakaran Lahan

Selasa, 01 Maret 2022 | 15.29 WIB Last Updated 2022-03-01T23:29:05Z
Masyarakat Bersama Babinsa Sungai Kakap Padamkan Karhutla

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) - Masyarakat Sungai Kakap bersama Babinsa Koramil 1207-07/Sungai Kakap Kodim 1207/Pontianak, Sertu Sarjono lakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda Dusun Rasau Karya Desa Rasau Jaya Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya, Selasa (01/03/2022).


Dalam kegiatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan ini, Babinsa dan masyarakat yang juga dibantu oleh Masyarakat Peduli Api (MPA) Kecamatan Sungai Kakap dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang terjadi di lahan seluas kurang lebih 5 Ha.


Dikatakan Babinsa Rasau Jaya Koramil 1207-07/Sungai Kakap Sertu Sarjono bahwa, Kebakaran ini terjadi sudah menjadi musiman pada saat adanya musim panas dan yang sangat rawan terjadinya kebakaran.


“Kondisi lahan yang kering dan ditamba lagi angin yang bertiup kencang yang membuat api dengan cepat menyebar ke titik lahan yang lain dan ditambah lagi saat ini sedang musim petani membuka lahan untuk pertanian, oleh karena itu kita harus selalu siap dan segera melakukan pemadaman,” jelasnya.


Sertu Sarjono mengatakan Jika kebakaran ini tidak segera dipadamkan, maka kebakaran ini bisa merambat dan meluas ke lahan lainnya.


Ia juga menyampaikan, upaya pemadaman api oleh Babinsa, Masyarakat dan MPA ini akan terus dilakukan, dan hingga saat ini belum diketahui apa yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran lahan hutan tersebut.


Sertu Sarjono juga berharap kepada masyarakat agar tetap mengantisipasi dan mewaspadai terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan dan ia juga berharap kepada masyarakat khususnya petani kebun untuk tidak membersihkan dan membuka lahan dengan cara membakar.


“Memasuki musim kemarau saat ini kami mengharapkan masyarakat tidak lakukan pembakaran lahan karena sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan sehingga merugikan semua,” pungkasnya. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update