Notification

×

Tim Gabungan Siap Siaga Tangani Karhutla Dan Covid-19 Di Kabupaten Ketapang

Kamis, 17 Maret 2022 | 02.56 WIB Last Updated 2022-03-17T09:56:34Z
Tim Gabungan Siap Siaga Tangani Karhutla Dan Covid-19 Di Kabupaten Ketapang

PONTIANAKNEWS.COM (KETAPANG) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Ketapang ikuti Apel Gabungan Sinergisitas Program Strategis Daerah Kesiapan Penanganan Karhutla dan Covid 19 Tahun 2022 yang berlangsung di Halaman kantor Bupati Ketapang, Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang,  Rabu (16/03/2022)

 

Tampak hadir dalam Apel Gabungan tersebut Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos, Dandim 1203/Ktp, Letkol Inf Alim Mustofa dan Kapolres Ketapang AKBP. Yani Permana. S.I.K.,M.H, Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si, Ketua DPRD M. Febriadi, S.Sos,M.Si, Kepala BPBD Ketapang Yuanifar, S.STP, Kejari Ketapang diwakili Fajar Yulianto, SH, Danposal Ketapang Letda (L) Teguh.S, Apel gabungan tersebut diikuti oleh Instansi-Instansi terkait.

 

Dalam sambutanya, Dandim1203/Ktp mengatakan sinergisitas dan kerjasama Pemkab Ketapang dan Kodam XII/Tpr akan terus ditingkatkan yang dituangkan dalam nota kesepakatan program strategis daerah.

“Sinirgisitas Forkopimda Kabupaten harus ditingkatkan, seperti Karya Bakti TNI, yang dimulai sejak tahun 2019 di Kecamatan Hulu Sungai, Kecamatan Sungai Laur tahun 2020, dan Kecamatan Matan Hilir Selatan tahun 2021 yang akan dilanjutkan pada tahun 2022 ini,” ungkapnya.

 

Berbagai peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini, baik bencana alam maupun non alam di Negeri kita saat ini, sebagai warga Ketapang kita patut bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa kita berada pada kondisi yang aman dan kondusif.

 

Sesuai dengan arahan Pangdam XII/Tpr kepada Bupati dan Dandim di Makodam XII/Tpr pada tanggal 11 maret 2022 kemarin tentang tugas TNI-AD pada masa damai (tidak terjadi gejolak dan perang) adalah membantu dan mendukung program pembangunan di Pemerintah Daerah serta membantu tugas Polri menghadapi gangguan kamtibmas di daerah sejalan dengan tugas yang diamanatkan dalam undang-undang.

 

Terkait usulan pembangunan puslatpur (pusat latihan tempur) di Kalbar dan Kalteng tentunya dapat memberikan dampak di berbagai sektor terutama dampak sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah rencana pembangunan puslatpur selain untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit.

 

“Saya berharap dengan kegiatan kita hari ini dapat meningkatkan karakter kita semua untuk semakin meningkatkan loyalitas, integritas, disiplin, tanggung jawab, komunikatif dan inovatif, kita semua dituntut untuk selalu memberikan ide baru dalam melaksanakan proses,” tandasnya.

 

Sementara itu Kapolres Ketapang AKBP. Yani Permana. S.I.K.,M.H menyampaikan tentang inovasi, terobosan, langkah kebijakan untuk mempercepat atau upaya pencegahan karhutla.

 

“Prioritaskan pencegahan dengan pola deteksi dini hotspots dan firespots, monitoring rutin dan meningkatkan frekuensi patroli serta pemeriksaan lapangan. kemudian penataan pengelolaan ekosistem gambut dengan pengendalian hidrologi, serta melakukan pengendalian dan pemadaman segera disetiap titik api yang muncul sehingga tidak menjadi lebih besar,” ujar Kapolres.

 

Terkait penangangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Ketapang sampai saat ini Polres Kaetapang tetap konsisten menjaga protokol kesehatan dan terus-menerus meningkatkan presentase vaksinasi kepada masyarakat. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update