Notification

×

IPNU Dan IPPNU Sekadau Terus Lakukan Kaderisasi Dengan Laksanakan LAKMUD

Jumat, 25 Maret 2022 | 22.39 WIB Last Updated 2022-03-26T05:39:00Z
Ketua PC IPNU Kabupaten Sekadau, Adi Fuadi

PONTIANAKNEWS.COM (SEKADAU) – Untuk terus ciptakan kader terbaiknya Pengurus Cabang (PC) Ikatan Pelajaran Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Sekadau laksanakan kegiatan Latihan Kader Muda (LAKMUD) di Keraton Kusuma Negara Sekadau, Jumat (25/03/2022).


Hal tersebut disampaikan Ketua PC IPNU Kabupaten Sekadau, Adi Fuadi disela-sela pembukaan kegiatan tersebut, Ia mengatakan bahwa LAKMUD merupakan jenjang pendidikan tahap kedua dalam tubuh organisasi Pelajar Nahdlatul Ulama yang dilaksanakan guna meningkatkan kualitas dan militansi kader agar dapat mengabdi mengabdi kepada Masyarakat.


"Wajah NU masa depan dilihat dari pelajarnya saat ini, oleh karena itu kita siapkan kader pelajar NU sekarang untuk menjadi pemimpin di masa depan," ungkapnya.


Adi juga mengatakan bahwa kualitas dan kuantitas kader merupakan hal yang akan di perhatikan dalam pengkaderan di dalam tubuh pelajar.


"Karena di dalam organisasi jam'iyah Nahdlatul Ulama IPNU-IPPNU merupakan pintu awal dalam kita mengenal tentang NU untuk itu kita fokus dalam pengkaderan hari ini untuk mencetak pemimpin handal di masa depan," ujar Adi.


"Dari adanya LAKMUD adalah solusi yang tepat dalam meningkatkan kapasitas dan pengembangan diri agar terus mengasah potensi diri agar nantinya bisa menjadi pemimpin di tengah masyarakat," ujar Adi menambahkan.


Selama tiga hari menjalani masa pelatihan para peserta akan mendapatkan bekal untuk menjadi pemimpin masa yang akan datang.


Bekal pertama ialah Motivasi. Bagian dari pelatihan yang di dalamnya diberi muatan materi Pre test, perkenalan, dan kontrak belajar dengan harapan dapat memacu, mendorong  peserta ke arah pembentukan kesadaran diri. Ini akan memberikan pemahaman bahwa ada banyak hal yang mendasari perlunya kerjasama di organisasi.


Bekal kedua, yakni Penguatan Ideologi. Penguatan ideologi sangat penting bagi organisasi ideologis. Setiap kader akan diberikan materi dan berdiskusi terkait pemantapan ideologi.


"Setiap kader akan melihat dan merasakan kerasnya pertarungan ideologi, massifnya gerakan sosial di sekitar kita oleh kelompok kita sendiri dan kelompok lain, dan hebatnya para pendahulu dalam membangun dan mebesarkan Nahdlatul Ulama," jelas Adi Fuadi.

 

Diketahui LAKMUD IPNU-IPPNU Sekadau menghadirkan pemateri yang sudah kompeten di bidangnya antara lain DR. KH. Ghozali, MH Hakim Tinggi PTA Pontianak sekaligus pimpinan pondok pesantren Darul Ma'arif Sintang, Kiai Tohidin Instruktur Kader Penggerak Nahdlatul Ulama Kalbar, Haji Toyib Saefudin Al Ayubbi dan pemateri dari Pengurus IPNU dan IPPNU. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update