Notification

×

Gubernur Sebut Musrenbang Sebagai Momen Perencanaan Pembangunan Di Kalbar

Senin, 28 Maret 2022 | 16.36 WIB Last Updated 2022-03-28T23:36:15Z

Gubernur Sebut Musrenbang Sebagai Momen Perencanaan Pembangunan Di Kalbar

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ketapang Tahun Anggaran 2023 dihadiri secara virtual oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., di Ruang Analisis Data Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (28/03/2022).


Bupati Ketapang, Martin Rantan, S.H., M.Sos., membuka secara resmi kegiatan yang dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten Ketapang. Turut hadir secara virtual yakni Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kalbar, H. Syarief Abdullah Alkadrie, S.H., M.H.


Gubernur Kalbar meminta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Ketapang untuk bersama-sama membangun demi kepentingan masyarakat Kalbar.


"Sekarang ini kita jangan berpikir politis dulu. Kita berpikir untuk kepentingan pembangunan Kalbar dan pembangunan di kabupaten secara bersama-sama," pinta H. Sutarmidji saat memberikan sambutan.


Kabupaten Ketapang dinilai layak menjadi sebuah provinsi karena wilayahnya yang sangat luas.


"Saya sebagai Gubernur tidak akan menghambat selama itu untuk kepentingan Kalbar. Tapi, pemekaran provinsi terhambat karena moratorium, seperti Provinsi Kapuas Raya. Ketapang sangat layak menjadi provinsi, tetapi harus punya pelabuhan laut dan bandara yang cukup memadai," jelas Gubernur.


Sebuah prestasi membanggakan bagi Kabupaten Ketapang yang memiliki angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di Kalbar serta nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 67,43 persen. Namu, angka kemiskinan masih tergolong tinggi di kabupaten yang terkenal dengan sebutan Bumi Ale-ale.


"Saat pertumbuhan ekonomi Ketapang menjadi yang paling tinggi di Kalbar, seharusnya angka kemiskinan dan pengangguran juga turun dengan sangat signifikan. Masalahnya mungkin terletak pada data. Sebaiknya Bupati Ketapang berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik," saran Gubernur.


Pemerintah Kabupaten Ketapang disarankan untuk menambah ruang kelas atau membangun sekolah unggulan.


"Saya menyarankan dua hal tersebut agar nilai IPM Kabupaten Ketapang semakin baik dan angka harapan lama sekolah juga bisa lebih baik," tutup H. Sutarmidji.


Sementara itu, Bupati Ketapang meminta jajarannya untuk selalu aktif dalam mengajukan usulan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan prioritas daerah, provinsi maupun nasional, kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan pemerintah pusat.


"Pemerintah Kabupaten Ketapang memiliki beberapa proyek strategis, seperti pembangunan Food Estate, optimalisasi Bandara Rahadi Oesman, penataan pelabuhan dan dermaga, serta meningkatkan ruas jalan kabupaten dan Jembatan Pawan 6," ungkap Martin Rantan.


Bupati Ketapang juga menjelaskan proses perencanaan dan tahapan perencanaan pembangunan di Kabupaten Ketapang sudah sesuai dengan aturan.


"Oleh karena itu, kami berharap segenap pemangku kepentingan tetap mematuhi dan tertib dalam menyusun dan melaksanakan perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah," tutup Martin Rantan.(tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update