Notification

×

Tingkatkan Peran Kambtibmas Masyarakat, Kapolsek Sui Kakap Bertemu Paguyuban Seni Kuda Lumping

Rabu, 09 Februari 2022 | 17.08 WIB Last Updated 2022-02-10T01:15:59Z

Kapolsek Sui Kakap Bertemu Paguyuban Seni Kuda Lumping

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) – Sebagai upaya terus menciptakan kondisi Keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan menjalin silahturahmi dengan Tokoh-tokoh masyarakat, sejumlah Ketua Paguyuban Seni Kuda Lumping bertemu Kapolsek Sungai Kakap, Rabu (09/02/2022).


Pertemuan yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 Februari 2022 sekitar pukul 09.00 wib diruang Aula Polsek Sungai Kakap sekaligus laksanakan Rapat koordinasi (Rakor) dengan Para Pengurus Kuda Lumping yang berada di Wilayah Kecamatan Sungai Kakap.


Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Sungai Kakap AKP Suyitno, SH, MH dan dihadiri Sekretaris Umum Paguyuban Jawa Kalbar(PJKB), Edi Suhairul, S.Pd.I, Kanit Intel Ipda Bambang Museno, Kanit Provos Ipda Marwoto, Kanit Sabhara Ipda Saleh, Kanit Reskrim Ipda Lisan Pura dan AnggotaPolsek Sungai Kakap lainya.


Kepada Para Ketua Paguyuban Seni Kuda Lumping tersebut Kapolsek Sungai Kakap AKP Suyitno, SH, MH mengtakan pertemuan ini adalah silahturahmi sekaligus koordinasi serta menyamakan persepsi upaya kepolisian dan masyarakat dalam menciptakan kondidi Kamtibmas bersama.


“Pertemuan ini tujuan utamanya adalah si lahturahmi antara Kapolsek beserta jajaran dengan ketua-ketua paguyuban Kuda Lumping yang ada di  Kecamatan Sungai Kakap ini,” terang Kapolsek.


Selain hal itu Kapolsek Sungai Kakap AKP Suyitno, SH, MH juga memberikan harapan kepada para pengurus Kuda Lumping dan Masyarakat maupun panitia Kuda Lumping harus berhati-hati dan mengantisipasi dari kejadian yang tidak di inginkan seperti perkelahian, keributan, kekerasan, pencurian dan lain-lain.


Kapolsek Sungai Kakap AKP Suyitno, SH, MH juga menyampaikan Kepada Pengurus dan Ketua Kuda Lumping tersebut terkait situasi saat ini yang dimana penyebaran virus Covid-19 masih terus bertambah dan saat ini juga sedang ada virus baru yaitu Omicron Selain itu menghimbau dan mengajak kepada Pengurus untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi covid-19 berkoordinasi bersama satgas kesehatan maupun kepolisian.


 “Ayo ajak semua masyarakat khusunya anggota Kuda Lumping laksanakan vaksinasi karena ini untuk kepentingan kita bersama, silahkan laksanakan bersama kami Polsek Sungai Kakap akan kita bantu,” ungkap Kapolsek Sungai Kakap AKP Suyitno, SH, MH.


Menanggapi hal tersebut, Sekretais Paguyuban Jawa Kalbar (PJKB), Edi Suhairul menyambut baik arahan dan himbauan Kapolsek Sungai Kakap tersebut, Ia mengatakan bahwa menjaga Kamtibmas bukan hanya tugas aparat kepolisian saja tetapi merupakan kewajiban masyarakat termasuk Pengurus Paguyuban Kuda Lumping dan Anggotanya.


“Saya mengapresiasi Kapolsek Sungai Kakap yang telah memfasilitasi pertemuan Silahturahmi ini, Kami dari PJKB dan Penggiat Seni Kuda Lumping khususnya yang ada di Kecamatan Sungai Kakap ini akan bersinergis menciptakan situasi Kambtibmas yang baik di sini,” ujar Edi.


Sekretaris Umum PJKB ini juga memastikan setiap akan melaksanakan kegiatan acara seni Kuda Lumping sudah memberitahukan kegiatan tersebut kepada pihak terkait khususnya Kepolisian Sungai Kakap.


“Dan tidak boleh menyelenggarakan acara tanpa sepengetahuan dari pihak Kepolisian serta pengurus wilayah setempat terutama Poro Sesepuh dan Pinisepuh,” tambahnya lagi.


Edi juga menyampaikan jika pada saat ada kegiatan Kuda Lumping terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan Harkamtibas, perkelahian, keributan, kekerasan, pencurian, dan lain-lain agar segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kepolisian agar langsung mendapatkan tindak lanjut dan penanganan dari pihak Kepolisian.


“sealin itu Kami juga siap membantu dan bekerja sama dengan Aparat Kepolisian di masa pandemi covid 19 untuk tetap melakukan himbauan pelaksanaan Prokes dan Lakukan Vaksinasi,” ujar Edi.


Sementara itu Kanit Intelkam Polsek Sungai Kakap, Ipda Bambang Museno menambahkan, bahwa kegiatan seni Kuda Lumping ini tidak boleh dilaksanakan diatas jam 22.00 WIB sesuai PP No 60 tahun 2017 ttg tata cara pengawasan, perizinan kegiatan keramaian umum.


“Jika ada Kegiatan masyarakat yang tidak memberi tahu ke pihak kepolisian dan melanggar aturan tersebut maka akan kami tindak sesuai aturan tersebut, oleh karena itu marilah kita saling  bekerjasama demi terwujudnya suasana Kamtibmas di wilayah kita ini,” jelas Ipda Bambang Museno.


Adapun Pengurus dan Penggiat Seni Ku da Lumping yang ikuti pertemuan dan silahturahmi bersama Kapolsek Sungai Kakap adalah sebagai berikut :


1. Ketua Pengurus Kuda Lumping SWP Soto Widoyo Putro, Toyibun

2. Ketua Pengurus Kuda Lumping BTB Bangkit Tresno, Sumadi

3. Ketua Pengurus Kuda Lumping Budoyo Mangun Budoyo Sari Asih, Ngatiman.

4. Ketua Pengurus Kuda Lumping MBPS, Warsito

5. Ketua Pengurus Kuda Lumping Jati Mandiri Sumber Mulyo, Tiar Amrullah

6. Ketua Pengurus Kuda Lumping Jati Mandiri Sumber Mulyo, Muntolib

7. Ketua Pengurus Kuda Lumping Sido Muncul, Sudianto

8. Ketua Pengurus Kuda Lumping WahyukridoYakso, M. Asari. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update