Notification

×

Lanud Supadio Gelar Latihan Crash Team Tangani Accident Dan Incident Pesawat

Rabu, 09 Februari 2022 | 08.32 WIB Last Updated 2022-02-09T16:32:39Z
Crash Team Tangani Accident Dan Incident Pesawat

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) – Lanud Supadio kembali gelar latihan Crash Team hal ini dimaksudkan guna meningkatkan  kemampuan dan penguasaan dasar personil dalam latihan penanganan accident atau incident pesawat serta mewujudkan profesionalisme personel di Lanud Supadio Kubu Raya, Rabu (09/02/2022).

 

Personel yang terlibat dalam latihan dengan sigap menyiapkan "Quick Response Team" sebagai pendukung operasional penerbangan yang profesional dan senantiasa siap mengemban tugas kedepan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

Hal tersebut disampaikan Kadisops Lanud Supadio, Kolonel Pnb Agung Indrajaya, M.Sc., Selaku Komandan Latihan  (Danlat) "Crash Team", Ia menjelaskan bahwa dalam skenario Latihan ini dilakukan penanganan apabila terjadi Accident atau Incident Pesawat di wilayah Lanud Supadio.

 

“Pada saat "Touch and Go" mengalami "Bird Strike", sehingga harus melaksanakan "Emergency Landing", saat landing pesawat mengalami "hard landing" dan "bounching" menyebabkan "nose wheel collaps" dan pesawat tidak dapat terkontrol,” terangnya.

 

Kolonel Pnb Agung Indrajaya juga menjelaskan posisi Pilot melaksanakan eject sesaat sebelum pesawat terguling keluar landasan. Karena posisi yang tidak ideal saat eject parasut belum mengembang sempurna saat Pilot mendarat sehingga impact cukup keras (Pilot tidak sadar dan kemungkinan ada cedera tulang).

 

“Selanjutnya dilaksanakan penanganan terhadap pilot dan evakuasi pesawat (simulasi dilaksanakan di connecting taxiway D/E),” pungkas Kolonel Pnb Agung Indrajaya. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update