Notification

×

DPP PATRI Hadiahkan Pin PATRI Untuk Dr Erman Soeparno Di Peringatan Harlahnya

Kamis, 10 Februari 2022 | 16.20 WIB Last Updated 2022-02-11T00:20:56Z
DPP PATRI Hadiahkan Pin PATRI Untuk Dr Erman Soeparno 

PONTIANAKNEWS.COM (JAKARTA) - Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) ke 22 pada 16 Februari 2022, Ketua Umum DPP PATRI menyematkan pin PATRI kepada Erman Soeparno,  sebagai tanda anggota Dewan Pembina PATRI.

 

Ketum DPP PATRI H.Sunu Pramono Budi (biasa disebut Hasprabu, red) didampingi anggota Dewan Pembina Marsda (Purn) Koesnadi Kardi,  Sekjen PATRI Sutrisno, dan Tim Majalah Gema Nusantara.

 

"Pada HUT PATRI ke 18 dan HUT Transmigrasi ke 72 tahun ini, transmigrasi mengukir sejarah penting bagi Negara Indonesia. Pertama, kawasan transmigrasi di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dijadikan Ibukota Negara Baru Nusantara". Ujar Ketum PATRI.

 

Selanjutnya disebutkan. Kedua, dipilihnya kawasan transmigrasi di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, sebagai lokasi lumbung pangan (food estate) oleh Presiden Joko Widodo.

 

"Jadi kontribusi transmigrasi sekarang bukan hanya mendorong pemekaran desa, kecamatan, kabupaten/kota, dan dua provinsi saja (Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara, red), tetapi sampai menyumbangkan lokasinya untuk IKN Nusantara. Karena itu PATRI sudah mengirimkan usulan kepada Presiden, agar ditetapkan Hari Transmigrasi Nasional", imbuhnya.

 

Diminta pendapatnya, Erman Soeparno, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2005-2009 menguatkan pendapat tersebut. "Betul. Semasa saya menjadi Menteri, saya juga  kembangkan Kota Terpadu Mandiri (KTM) di kawasan transmigrasi seluruh Indonesia dan konsep lumbung pangan (food estate). Jika transmigrasi ini didukung penuh, paling tidak setengah problema negara akan teratasi. Seperti pengangguran, kemiskinan, ketahanan pangan, integrasi sosial, bela negara, dan reforma agraria. Itu semua bisa diatasi transmigrasi", ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketum DPP PATRI menjelaskan puncak HUT PATRI KE 18 akan diselenggarakan pada 19 Februari 2022 di Riau. "Kami berterima kasih kepada DPD PATRI Riau dan jajarannya, yang telah menyiapkan diri menjadi panitia HUT PATRI secara Nasional", pungkasnya.

 

Terpisah, Dr. Kusnadi Rais, Ketum DPD PATRI Riau kepada awak media menjelaskan. Acara ini Insya Allah akan diisi dengan dialog Nasional ketramigrasian, forum temu warga Transmigran, peresmian Zona Ekonomi Syariah (ZES), dan majalah PATRI Gema Nusantara. Direncanakan Panitia akan mengundang pejabat ketransnigrasian pusat dan pimpinan daerah se Provinsi Riau. (Pram/DPP).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update