Notification

×

Iklan

Kapolsek Turun Langsung Tangani Kebakaran Lahan Di Kecamatan Sungai Kakap

Selasa, 25 Januari 2022 | 15.00 WIB Last Updated 2022-01-25T23:00:13Z
Kapolsek Subgai Kakap, AKP Suyitno Turun Langsung Tangani Kebakaran

PONTIANAKNEWS.COM (KUBU RAYA) – Kapolsek Sungai Kakap, AKP Suyitno,SH, MH beserta 5 Anggotanya turun langsung tangani kebakaran lahan yang terjadi pada hari Selasa tanggal 25 Januari 2022 sekira pukul 10.40 wib di  Jalan Parit H Maksum Desa Pungur Kecil  Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.


Peristiwa kebakaran lahan itu terjadi pada titik koordinat -0.088685,109.321530 dan -0.088548,109.313249 Desa Pungur Kecil  Kecamatan Sungai Kakap Kapolsek Sungai Kakap bersama Tim Penanganan Dan Penanggulangan Terhadap Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) Kubu Raya.


Kapolsek Sungai Kakap, AKP Suyitno mengatakan bahwa pihaknya mengetahui adanya kebakaran lahan tersebut berdasarkan laporan warga sekitar yang kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek sungai Kakap.


“Berdasarkan informasi dari pengurus Ponpes Ribat-Al Mujtahid II, KH. Syarif Hidayatullah bahwa ada Api yang berasal dari lahan sebelah Pondok Pesantrenya dari pagi hari sampai siang sehingga menyebabkan banyaknya asap di area lahan yang terbakar,” jelas AKP Suyitno.


Kemudian setelah menerima laporan tersebut Kapolsek Sungai Kakap, AKP Suyitno lagsung turun ke lokasi dan mendapati lahan yang terbakar kurang lebih 1 ha sementara jarak area yang terbakar dengan pemukiman kurang lebih 20 m dan dekat dengam Ponpes Ribat-Al Mujtahid II Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap.


“Luas lahan yang terbakar kurang lebih 1 ha dan belum diketahui pemilik lahan di Parit H Maksum RT 15 RW 47 Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap yang terbakar ini,” jelas Kapolsek.


AKP Suyitno mengatakan dikarenakan kondisi di sekitar kebakaran tidak ada sumber air sehingga sulit untuk dilakukan pemadaman dengan air ditambah lagi semak belukar, Ilalang, Tanah Gambut semakin memperparah kebakaran lahan tersebut.


“Akirnya setelah bersama-sama masyarakat kita berusaha melakukan pemadaman, Sekira jam 14.15 wib api masih sudah dapat dipadamkan dikarenakan turunnya hujan yang mengakibatkan area yang terbakar menjadi basah dan padam,” ungkap Kapolsek lega.


Berdasarkan peristiwa tersebut, kemudian Kapolsek Sungai Kakap, AKP Suyitno,SH, MH juga menghimbau kepada masyarakatnya untuk melakukan upaya pencegahan kebakaran meluas ke pemukiman dengan membuat parit. (tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update