Notification

×

Iklan

Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Kalbar

Rabu, 08 Desember 2021 | 15.03 WIB Last Updated 2021-12-08T23:03:48Z
Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Kalbar

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.


Program MBKM ini dibuat agar memberikan kesempatan dan pengalaman untuk mahasiswa untuk belajar diluar kampus selama tiga semester yang diharapkan dalam rogram MBKM ini untuk meningkatkan kapasitas lulusan perguruan tinggi melalui peningkatan soft skill maupun hard skill agar lulusan lebih siap dan relevan dalam menghadapi dunia kerja.


Selain itu, program MBKM juga bertujuan untuk menciptakan pemimpin yang unggul dan tangguh di masa yang akan datang.


Pada bulan Januari 2021 Kemdikbudristek RI mengadakan hibah Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM 2021, sebagai sarana mensupport program studi-program studi PTN dan PTS diseluruh Indonesia dalam pelaksanaan program MBKM.


Program hibah ini dimanfaatkan oleh Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak untuk mengajukan proposal Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM 2021 dengan judul “Peningkatan Keahlian Dan Potensi Sumber Daya Manusia Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Kegiatan Pertukaran Mahasiswa, Pengembangan Kewirausahaan Dan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka”,


Adapun tim penyusun proposal dalam hibah ini sebagai Ketua Dr. H. Helman Fachri, SE, MM, sementara anggotanya adalah sebagai berikut : 


1. Edy Suryadi, SE, MM

2. Devi Yasmin, SE, MM

3. Samsuddin, SE, M.Si

4. Dedi Hariyanto, SE, MM


Dana hibah Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM 2021 yang diajukan Rp 64.928.800,-. Pada bulan April 2021 pengumuman hasil seleksi program hibah, Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak termasuk salah satu program studi yang lolos dalam proses seleksi yang didanai.


Pada bulan Juni 2021 pencairan dana termin I yaitu 90% dari total dana kegiatan yang diajukan. Pada bulan Juni-Agustus 2021 Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak melakukan menjajaki beberapa mitra untuk pelaksanaan Program MBKM.


Pada tanggal 15 dan 16 Juni 2021 Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak mengadakan Lokakarya Kurikulum MBKM yang bertujuan untuk menyusun program pembelajaran MBKM dan menjalin komunikasi dengan stakeholders yang nantinya akan bekerjasama sebagai mitra dalam pelaksanaan program MBKM sekaligus penandatanganan PKS (Perjanjian Kerjasama).


Stakeholders atau mitra yang menandatangi PKS antara lain : Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Program Studi Teknik Informatika (TI) Fakultas Teknik UM Pontianak dan Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Fakultas Pendidikan Agama Islam UM Pontianak.


Pada akhir Agustus 2021, Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak mengadakan serangkain sosialisasi terkait dengan pelaksanaan program MBKM. Program sosialisasi MBKM tersebut, bertujuan untuk memperkenalan pelaksanaan MBKM kepada mahasiswa di lingkungan Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak.


Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023, Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak baru melaksanakan 3 Program MBKM dari 4 Program MBKM yang direncanakan yaitu : Pendampingan Kewirausahaan, Program Magang, dan Pertukaran Mahasiswa antar Prodi didalam PT yaitu UM Pontianak, sedangkan 1 Program lagi yaitu Kuliah Kerja Nyata Tematik baru akan dilaksanakan pada Semester Genap 2022/2023 sesuai dengan kurikulum yang sudah dirancang dan sudah dilokakaryakan.


Kedepannya diharapkan semakin banyak bantuan hibah seperti ini sehingga memotivasi  program studi-program studi baik itu PTN dan PTS dalam melaksanakan Program MBKM karena dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang menjadi permasalahan adalah dana untuk pelaksanaan program.


“Semoga juga antusias mahasiswa mengikuti Program MBKM semakin bertambah sehingga mereka mendapatkan banyak pengalaman belajar diluar kampus,”. (Samsul).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update