Notification

×

Paguyuban Seni Kuda Lumping Satrio Mudo Joyo Galang Dana Peduli Korban Bencana

Senin, 13 Desember 2021 | 01.52 WIB Last Updated 2021-12-13T09:52:57Z
Kuda Lumping Satrio Mudo Joyo Galang Dana Peduli Korban Bencana


PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) – Bencana Alam melanda beberapa wilayah di Indonesia, hal ini membuat keprihatinan dan kepedulian beberapa elemen masyarakat, seperti yang dilakukan Warga di Kabupaten Kubu Raya yang lakukan Penggalang Dana Peduli Korban Gunung Sumeru melalui Seni Tari Kuda Lumping.


Kesenian Kreasi Kuda Lumping Satrio Mudo Joyo (SMJ) menggelar penggalangan dana untuk disalurkan kepada korban terdampak meletusnya gunung Sumeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur (Jatim) di Komplek Mega Mas Jalan Parit Haji Muksin II Desa Sungai Raya Dalam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Minggu (12/12/2021) malam.


Ketua Kesenian kreasi Kuda Lumping Satrio Mudo Joyo Pontianak, Saifudin mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan pihaknya, yang mana sebelumnya kegiatan serupa juga telah dilakukan Siantan Kecamatan Pontianak Timur untuk menggalang dana bagi korban banjir di Kabupaten Sintang Kalbar.


"Alhamdulillah, dengan adanya izin dan persetujuan dari RT 005/RW 009 Dusun Banjar Raya Desa Sungai Raya Dalam, kami bisa menggelar penggalanagan dana untuk korban meletusnya gunung Sumeru", kata Saifudin di sela kegiatan.


Saifudin menuturkan, dalam kegiatan penggalangan dana malam ini, dirinya melibatkan 49 orang yang beraksi dalam kesenian Kuda Lumping Satrio Mudo Joyo.


"Berapun donasi yang diberikan masyarakat malam ini sangat berarti bagi saudara kita di Lumajang dan donasi yang dikumpulkan malam akan kami langsung salurkan ke Warga Lumajang", ujarnya.


Di tempat yang sama Ketua RT 005/RW 009 Dusun Banjar Raya Desa Sungai Raya Dalam Muhammad Holil mengatakan, kerena tujuan dari kegiatan kesenian Kuda Lumping malam ini untuk penggalangan dana, tentu pihaknya sangat mendukung dengan memfasilitasi tempat penyelenggaraan kegiatan ini.


"Apapun acara dan kegiatannya yang bertujuan untuk membantu saudara kita yang tertimpa musibah, kami sangat mendukung penuh dan memfalitasi tempat demi terjalinnya hubungan silaturahmi antar masyarakat", ucapnya.


Holil menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya memberikan fasilitas tempat, kursi dan meja bagi pihak penyelenggara kesenian Kuda Lumping Satrio Mudo Joyo.


"Jika selama ini ada warga kita yang ingin turut membantu saudara kita di Lumajang, namun tidak bisa tersalurkan, maka dengan adanya penggalangan dana dari Kesenian Kreasi Kuda Lumping Satrio Mudo Joyo ini keinginan dan niat masyarakat kita yang ingin membantu bisa tersalurkan. Kami berharap, bantuan dari warga kami bisa meringankan beban saudara kita di Lumajang", pungkasnya.(tim liputan).


Editor : Putri

×
Berita Terbaru Update