Notification

×

Iklan

Rino Kurniawan Terpilih Sebagai Ketua Perguruan Silat Kijang Putih Bersaudara

Jumat, 19 November 2021 | 23.46 WIB Last Updated 2021-11-20T07:46:21Z
Rino Kurniawan Terpilih Sebagai Ketua Perguruan Silat Kijang Putih Bersaudara

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Perguruan Pencak Silat Kijang Putih Bersaudara (PKPB) gelar musyawarah Penyegaran Kepengurusan di Markas Persatuan Orang Melayu (POM)Kalbar di Pontianak.


Terpilih sebagai Ketua PKPB yang baru Rino Kurniawan dan Agus Setiadi ditetapkan sebagai salah seorang Dewan Pembina Perguruan Pencak Silat Kijang Putih Bersaudara (PKPB).


“Alhamdulillah, meski saya belum lama masuk dan mengenal PKPB serta keluarga besar POM, insyaAllah saya siap mengemban amanah ini dengan penuh tanggung jawab. Tentu saya butuh support dari semua keluarga besar PKPB terutama Guru Besar bang Mulyadi agar mampu membawa PKPB bersinar dan maju,” ujar Rino.


Rino Kurniawan yang juga anggota Polisi aktif ini mengatakan dalam waktu dekat ini akan segera melengkapi struktur, membenahi administrasi Perguruan Pencak Silat Kijang Putih Bersaudara (PKPB) dan menyelesaikan badan hukum PKPB yang tertunda.


“InsyaAllah dalam waktu dekat kita akan segera melengkapi kepengurusan serta kelengkapan administrasi  Perguruan Pencak Silat Kijang Putih Bersaudara (PKPB)," ucap warga Pontianak Timur ini.


Sementara itu salah satu tokoh Perguruan Pencak Silat Kijang Putih Bersaudara (PKPB) Mulyadi yang akrab disapa Bang Udin ini menuturkan bahwa dirinya berharap besar dengan struktur organisasi yang baru ini mampu membawa PKPB lebih baik dan tetap menjadi bagian dari keluarga besar POM.


“Kita tak bisa dan tak boleh melupakan sejarah bahwa Berdirinya PKPB ini awalnya dari POM. Meskipun tak memiliki garis koordinasi atau komando langsung secara organisasi, akan tetapi ada ikatan emosional yang kuat karena PKPB ini diinisiasi seluruhnya oleh orang-orang POM termasuk saya sendiri," ujar guru besar PKPB ini.


Mulyadi menjelaskan bahwa Perguruan PKPB ini merupakan gabungan 2 perguruan tua yakni minang boyan dan kijang putih. Dimana kedua perguruan ini dipegang dan diteruskan oleh orang tuanya.


“Sepeninggal Bapak saya, kedua perguruan ini vakum. Berdirinya POM, membuat saya terpanggil untuk meneruskan perjuangan Bapak dan Guru Bapak dalam melestarikan silat sebagai salah satu ciri khas budaya Melayu dengan mendirikan PKPB bersama saudare-saudare lainnya ," tutur bang udin.


Sementara itu di tempat yang sama, Agus Setiadi yang juga Ketua Umum POM Kalbar ini menyambut baik restrukturisasi di tubuh PKPB.


“Saya ucapkan selamat kepada Ketua dan pengurus baru PKPB yang telah dipilih. Semoga mampu membawa PKPB mengangkasa dan menoreh banyak prestasi. Saya juga berpesan kepada PKPB agar jangan meninggalkan warna silat kampong nya. Silat prestasi khusus anak-anak dan remaja, sedangkan silat asli khusus untuk kalangan dewasa," ujar pria yang biasa disapa Bang Agus ini.


Agus Setiadi mengapresiasi dan sangat salut dengan PKPB ini karena bisa berkembang baik dengan segala keterbatasan selama 4 tahun ini tapi mampu memiliki murid ratusan siswa dan selalu bersama-sama POM dalam melestarikan budaya Melayu. (tiom liputan).


Editor : Ade

×
Berita Terbaru Update