Notification

×

Iklan

Viral Di Medsos Hina Suku Nias, HIMNI Laporkan Condrat Sinaga Ke Polda Kalbar

Senin, 25 Oktober 2021 | 16.09 WIB Last Updated 2021-10-25T23:09:49Z
Viral Di Medsos Hina Suku Nias, HIMNI Laporkan Condrat Sinaga Ke Polda Kalbar
PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Kalbar  mendatangi Mapolda Kalbar untuk melaporkan Condrat Sinaga terkait penghinaan yang ia lakukan. Hinaan itu sempat viral di Mensos sehingga menimbulkan kegaduhan dan keresahan dikalangan masyarakat.

Sekretaris DPD HIMNI Kalbar Ari Mendrofa, didampingi Kuasa Hukumnya Marjohan  Lubis S.,H., Ketua IKBN (Ikatan Keluarga Besar Nias) Pendeta Heros Demokrasi Dakhi, S.,Th., Ketua DPC HIMNI Kubu Raya  Ute ma Zega dan perwakilan Kalangan muda Nias Artikan Mendrofa, mendatangi Mapolda Kalbar sekitar Pukul 10.00. WIB, Senin (25/10/2021).

Laporan diterima Ditriskrimsus Subdit III Polda Kalbar yang khusus menangani kejahatan Bidang ITE atau kejahatan saiber. Dari laporan yang disampaikan Condrat Sinaga dikenakan Undang-undang ITE pasal 28 ayat 2.

Dalam wawancaranya, Sekretaris DPD HIMNI membenarkan bahwa pihaknya telah melaporkan Condrat Sinaga ke Polda Kalbar karena ada narasi meghina yang disampaikan yang bersangkutan.

"Hari ini kita melaporkan Condrat Sinaga Ke Ditkrimsus Polda Kalbar. Kita mengecam keras pernyataan  Condrat Sinaga, apa yang disampaikannya di yuotube itu tidaklah benar dan tidak ada dasarnya sama sekali. Itu merupakan pelecehan terhadap masyarakat Nias, pelecehan juga terhadap perempuan Nias, dan pelecehan terhadap perempuan-perempuan yang menikah dengan orang Nias," Tegas Ari.

"Kita menyerahkan sepenuhnya persoalan ini kepihak yang berwajib, dan saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Nias yang ada di Kalbar agar tetap menjaga  kondusifitas antar masyarakat yang ada. Karena ini bukan masalah suku, tetapi persoalan pribadi, biarlah hukum yang berproses," Jelasnya lebih lanjut.

Hal senada disampaikan Ketua DPC HIMNI Kubu Raya, yang mengatakan, biarlah semua persoalan ini diserahkan kepada jalur hukum saja, dengan begitu tidak ada selisih paham antara sesama masyarakat khususnya masyarakat Kubu Raya dan umumnya masyarakat Kalbar.

Ditempat yang sama, Ketua IKBN (Ikatan Keluarga Besar Nias) Kalbar, juga menegaskan bahwa, apa yang dikatakan Condrat Sinaga di Youtube itu sangat tidak benar dan tidak berdasar.

"Yang dikatakan CN itu tidak benar, Kami orang Nias memiliki adat istiadat tinggi dan memiliki etika yang luar biasa. Di Nias perempuan sangat dihargai dan dijunjung tinggi." Terangnya.

Menurutnya, apa yang dikatakan Condrat Sinaga adalah hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Kami sudah melaporkan ke Polda Kalbar, biarlah kepolisian yang memprosesnya secara hukum." Jelas mengakhiri. (Kun/tim liputan).

Editor : Hairul

×
Berita Terbaru Update