Notification

×

Iklan

Majelis Wilayah KAHMI Kalbar Gelar Donor Darah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16.12 WIB Last Updated 2021-10-22T23:12:37Z

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) - Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kalimantan Barat menggelar kegiatan donor darah di Markas UTD PMI Kota Pontianak, Kamis (21/10/2021). Aksi kemanusiaan itu diadakan dalam rangka menambah ketersediaan stok darah di UTD PMI Pontianak.

Sebanyak 99 masyarakat umum secara sukarela mendermakan darahnya pada aksi sosial ini. Lantaran diadakan di tengah pandemi Covid-19, proses donor darah pun dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Aksi kemanusiaan donor darah yang kami lakukan ini merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial alumni HMI dalam upaya membantu ketersediaan stok darah di UTD PMI Kota Pontianak. Karena seperti kita ketahui, situasi pandemi ini telah menurunkan animo masyarakat untuk berdonor sehingga stok darah pun semakin menipis," ujar Ketua MW KAHMI Kalbar Muhammad Yusuf saat diwawancarai di Markas UTD Kota Pontianak, Kamis (21/10/2021).

Yusuf menambahkan bahwa aksi donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-55 KAHMI yang diadakan MW KAHMI Kalbar. Selain donor darah, lanjut dia, pihaknya juga mengagendakan sejumlah kegiatan dalam rangka ulang tahun KAHMI, seperti vaksinasi dan resepsi HUT.

"Donor darah hari ini juga merupakan bagian dari rangkaian agenda yang kami adakan dalam rangka HUT KAHMI. Sebelumnya, sudah digelar agenda resepsi HUT yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Badko HMI Kalbar dan Kohati di Pendopo Gubernur pada minggu lalu. Satunya lagi ialah kegiatan vaksinasi yang rencananya akan kami adakan di Rumah Melayu Pontianak pada hari Rabu, 27 Oktober nanti," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia HUT KAHMI MW KAHMI Kalbar Muhammad Syarifuddin Budi berharap aksi sosial yang mereka adakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Lebih dari itu, dirinya juga berharap kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan rasa peduli alumni HMI terhadap sesama.

"Mudah-mudahan, dengan kegiatan seperti ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama yang membutuhkan. Serta, bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah," harapnya.

Donor darah yang diadakan MW KAHMI Kalbar ini dibuka langsung Ketua PMI Kota Pontianak yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan drg. Multi Juto Bhatarendro. Tampak hadir pula pada kesempatan itu Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak yang juga Ketua MW Forhati Kalbar dr. Hj. Darmanelly. (na/tim liputan).

Editor : Hairul

×
Berita Terbaru Update