Notification

×

Iklan

Diklat Dan Sertifikasi Selam Dit Polairud Polda Kalbar Laksanakan Di Pulau Lemukutan

Minggu, 31 Oktober 2021 | 00.30 WIB Last Updated 2021-10-31T07:30:42Z

PONTIANAKNEWS.COM (PONTIANAK) – Direktorat Kepolisian Perairan Dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalbar melaksanakan Pelatihan dan Sertifikasi Selam (One Star Scuba Diver Certification) di Pulau Lemukutan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, Sabtu (10/30/2021).

Pelatihan dan Sertifikasi Selam (One Star Scuba Diver Certification) diikuti sebanyak 32 orang yang terdiri dari 30 personil Dit Polairud Polda Kalbar, 1 Personil Brimob Polda Kalbar dan 1 Personil Dit Sabhara Polda Kalbar.

Instruktur pelatihan melibatkan Pelatih dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Pengprov. Kalbar, Rezekikasari, S.Pi., M.Ling,  Ketua Pengprov POSSI Kalbar Instruktur B1, Irwan Dirgantara Instruktur B2 beserta Tim.

Hal itu disampaikan Dirpolairud Polda Kalbar Kombespol Benyamin Sapta T, S.I.K., M.Si, Ia mengatakan pelatihan dan sertifikasi dilaksanakan sesuai arahan Kapolda Kalbar sebagai tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas mengamankan wilayah hukum Perairan Polda Kalbar.   

“Tugas kita sebagai anggota Polri yang Presisi kedepannya semakin besar khususnya Ditpolairud Polda Kalbar yang dituntut untuk dapat mengamankan wilayah hukum perairan Polda Kalbar, bukan hanya kegiatan penegakan hukum yang dikedepankan namun kegiatan sosial seperti bantuan SAR , pencarian korban tenggelam, Laka air dan antisipasi bencana slam harus dapat dilaksanakan,” ungkap Kombespol Benyamin Sapta T.

Dalam arahanya Dirpolairud Polda Kalbar Kombespol Benyamin Sapta juga berpesan agar semua peserta tetap semangat dan selamat berlatih dengan tetap perhatikan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Prosedur keamanan dan keselamatan menjadi hal yang diutamakan,” ujar Kombespol Benyamin Sapta.

Kombespol Benyamin Sapta juga menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan dan sertifikasi selam ini merupakan program untuk mendapatkan sertifikat keahlian dalam bidang selam untuk level pemula yang mana para peserta diwajibkan untuk melaksankan tes kesehatan terlebih dahulu.

Kegiatan pertama yakni pemberian materi pengetahuan penyelaman, pengenalan alat selam, fisik penyelaman, aspek medis penyelaman, biota berbahaya dan tabel penyelaman yang dilaksankan dimako Ditpolairud Polda Kalbar.

Kegiatan kedua Latihan Keterampilan Kolam (LKK) latihan keterampilan kolam ini dilakukan untuk melatih kemampuan dasar menyelam serta diajarkan untuk beradaptasi dengan alat-alat selam serta cara mengoprasikan pada saat digunakan sebelum dan sesudah pada waktu menyelam di Kolam Renang Tirta Ria Pontianak.

 

Kegiatan ketiga Latihan Perairan Terbuka (LPT) latihan perairan terbuka ini melanjutkan rangkaian materi dan praktek dari latihan keterampilan kolam yang dilaksanakan di Pulau Lemukutan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. (Sumber : PID Ditpolairud Polda Kalbar/tim liputan).

Editor : ADE

×
Berita Terbaru Update